10 Tempat Ziarah di Banten, Nomor 4 Kolam Pemandian Berbalut Mitos di Kaki Gunung Karang

Tri Erysandi ยท Jumat, 23 September 2022 - 18:00:00 WIB
10 Tempat Ziarah di Banten, Nomor 4 Kolam Pemandian Berbalut Mitos di Kaki Gunung Karang
Tempat ziarah di Banten berupa makam ulama hingga sultan yang pernah berkuasa di Banten. (Foto: bantenprov.go.id)

4. Batu Quran

Batu Quran ini adalah sebuah pemandian yang saat ini masih ramai dikunjungi dengan daya tariknya. Batu Quran ini berada di Kabupaten Pandeglang, Banten. Menurut sejarah, pemandian ini muncul pertama kali di kaki Gunung Karang dan sudah ada sejak berabad-abad lalu.

Dinamakan Batu Quran karena tempat ini terdapat batu besar yang bertuliskan Al Quran yang berada di dasar kolam. Kolam ini berisikan air yang benar-benar jernih sehingga batu ini bisa terlihat dari pinggir kolam. 

Pemandian Batu Quran di Pandeglang, Banten. (Foto: Antara/Muhammad Bagus Khoirunas)
Pemandian Batu Quran di Pandeglang, Banten. (Foto: Antara/Muhammad Bagus Khoirunas)

Konon Batu Quran menyimpan mitos yang cukup unik dan dinilai tidak masuk akal. Banyak yang meyakini bahwa terdapat sebuah saluran mata air yang menjadi pintu teleportasi langsung ke Makkah, Arab Saudi. 

Selain itu terdapat juga mitos bahwa jika seseorang mampu mengelilingi batu tersebut dengan berenang sebanyak tujuh putaran makan harapannya akan terkabul. 

Namun mitos tersebut menjadi pertentangan karena khawatir menyalahi nilai-nilai keislaman. Meskipun hingga kini ada saja para pengunjung yang mencoba mengelilingi batu tersebut dengan cara berenang.

5. Masjid Tanara

Masjid Tanara atau juga dikenal Masjid Luhur Tanara terletak di Kampung Tanara, Kabupaten Serang, Banten. Masjid Tanara merupakan peninggalan Raja Banten pertama yaitu Sultan Maulana Hasanuddin yang memerintah Kesultanan Banten tahun 1552 hingga 1570. 

Masjid ini menjadi saksi sejarah dari proses penyebaran agama Islam di wilayah Banten. Dari segi keindahan arsitektur, bangunan ini disebut mirip dengan Masjid Agung Banten Lama yang dibangun pada masa kejayaan Sultan Maulana Yusuf.

Masjid ini telah banyak mengundang wisatawan dari berbagai daerah bahkan wisatawan dari luar Banten.

Editor : Reza Yunanto

Follow Berita iNewsRegional di Google News

Bagikan Artikel: