10 Tempat Ziarah di Banten, Nomor 4 Kolam Pemandian Berbalut Mitos di Kaki Gunung Karang

Tri Erysandi ยท Jumat, 23 September 2022 - 18:00:00 WIB
10 Tempat Ziarah di Banten, Nomor 4 Kolam Pemandian Berbalut Mitos di Kaki Gunung Karang
Tempat ziarah di Banten berupa makam ulama hingga sultan yang pernah berkuasa di Banten. (Foto: bantenprov.go.id)

2. Kompleks Sultan Maulana Yusuf

Komplek Sultan Maulana Yusuf ini salah satu tempat favorit bagi peziarah khususnya warga Banten. Semasa hidupnya Sultan Maulana Yusuf berperan besar bagi masyarakat Banten, salah satu peran Sultan Maulana Yusuf yaitu memajukan perekonomian masyarakat Banten ketika dijajah Belanda. 

Komplek makam Sultan Maulana Yusuf yang terletak di Kecamatan Kasemen, Kota Serang ini memiliki luas lahan sekitar satu hektar. Disini tidak hanya terdapat makam sultan saja tetapi juga terdapat makam dengan jumlah yang tidak tercatat. 

3. Makam Sultan Maulana Hasanuddin

Tempat ziarah di Banten selanjutnya adalah makam Sultan Maulana Hasanuddin yang terletak di Kasemen, Kota Serang berdampingan dengan Masjid Agung Banten. 
Makamnya juga berada tidak terlalu jauh dengan makam Sultan Maulana Yusuf.

Sultan Maulana Hasanuddin adalah pendiri kesultanan Banten dan sudah berkuasa lebih dari 20 tahun. Sultan Maulana Hasanuddin juga merupakan putra dari Sunan Gunung Jati yang menyebarkan ajaran Islam di wilayah Banten. Makam Sultan Maulana Hasanuddin ini mempunyai cerita menarik.

Pada Rabu 2 maret 2022 lalu banjir menerjang kawasan Kesultanan Banten, Banjir setinggi pinggang orang dewasa yang berasal dari luapan Kali Cibanten itu memasuki kawasan peninggalan kejayaan Banten. Namun ajaibnya, makam Sultan Maulana Hasanuddin dan Masjid Agung Banten Lama tidak tersentuh air banjir. 

Editor : Reza Yunanto

Follow Berita iNewsRegional di Google News

Bagikan Artikel: