10 Tempat Ziarah di Banten, Nomor 4 Kolam Pemandian Berbalut Mitos di Kaki Gunung Karang

Tri Erysandi ยท Jumat, 23 September 2022 - 18:00:00 WIB
10 Tempat Ziarah di Banten, Nomor 4 Kolam Pemandian Berbalut Mitos di Kaki Gunung Karang
Tempat ziarah di Banten berupa makam ulama hingga sultan yang pernah berkuasa di Banten. (Foto: bantenprov.go.id)

6. Makam Syekh Abdul Jabbar

Makam Syekh Abdul Jabbar terletak di kampung Pasir Kacapi Kelurahan pagadungan Kecamatan Karangtanjung, Pandeglang, Banten. Syekh Abdul Jabbar merupakan ulama yang berperan penting dalam membangun Pandeglang. Syekh Abdul Jabbar merupakan keturunan dari Sunan Kali Jaga. 

Semenjak syiar Nya di Banten Syekh Abdul Jabar menjadi Panglima Sultan Maulana Hasanuddin untuk membantu mengislamkan masyarakat Banten pada jaman dulu. Dinamakanya Syekh Abdul Jabar karena Beliau ini ahli dalam Bidang ilmu Agama sehingga beliau dapat menjabarkan tentang isi dalam Al-quran, dan Hadist.

Makam Syekh Abdul Jabbar memiliki tempat ziarah yang nyaman. Selain lingkungan yang bersih, terdapat area wudhu dengan air yang mengalir seperti sungai. Pemakaman ini memiliki dua ruangan yang hanya bisa menampung sekitar 20 orang per kunjungan. 

7. Makam Syekh Muhammad Asnawi

Syekh Muhammad Asnawi dikenal juga sebagai Syekh Asnawi Caringin. Beliau lahir di Kampung Caringin, Banten pada tahun 1850. Saat usianya masih terbilang muda, beliau dikirim ayahnya ke Makkah untuk menuntut ilmu. 

Sejak saat itu, beliau terkenal di Banten sebagai ulama besar karena kemampuannya dalam berdakwah. Tak hanya terkenal sebagai ulama, tetapi syekh Asnawi juga dikenal karena perlawanannya terhadap pemerintahan kolonial Belanda.

Syekh Muhammad Asnawi wafat pada tahun 1937 dan dikebumikan di Masjid Salafiah. Makamnya berada di pinggir pantai, tepatnya di bagian barat Masjid Caringin yang merupakan situs bersejarah. Makam Syekh Muhammad Asnawi dikelilingi pagar dan ditutup kain hijau. Hingga kini makamnya tidak pernah sepi peziarah baik dari masyarakat Banten hingga dari luar kota. 

Editor : Reza Yunanto

Follow Berita iNewsRegional di Google News

Bagikan Artikel: