10 Tempat Ziarah di Banten, Nomor 4 Kolam Pemandian Berbalut Mitos di Kaki Gunung Karang

Tri Erysandi ยท Jumat, 23 September 2022 - 18:00:00 WIB
10 Tempat Ziarah di Banten, Nomor 4 Kolam Pemandian Berbalut Mitos di Kaki Gunung Karang
Tempat ziarah di Banten berupa makam ulama hingga sultan yang pernah berkuasa di Banten. (Foto: bantenprov.go.id)

JAKARTA, iNews.id - Tempat ziarah di Banten ini cocok untuk wisata religi. Destinasi wisata di Banten tak melulu keindahan alam. Banten juga memiliki beberapa destinasi wisata yang merupakan wisata religi dan spiritual. 

Tempat ziarah di Banten di antaranya makam-makam ulama, sultan dan syekh yang menyimpan berbagai sejarah dan cerita yang menarik. Beberapa dianggap keramat sehingga menjadi daya tarik tersendiri.

Daftar Tempat Ziarah di Banten 

1. Makam Syekh Muhammad Sholeh

Syekh Muhammad Sholeh bin Abdurrahman merupakan seorang ulama penyebar agama Islam yang ada di kawasan pantai utara Banten. Syekh Muhammad Sholeh juga merupakan santri dari Sunan Ampel dan Sunan Gunung Jati.

Kemudian Syekh Muhammad Sholeh diperintahkan oleh Sunan Gunung Jati untuk berdakwah dan menyebarkan agama Islam di Pantai Utara Banten. Syekh Muhammad Sholeh wafat pada tahun 1550 Hijriah/958 M di usia 76 tahun dan berpesan kepada santrinya jika wafat dimakamkan di Gunung Santri. 

Di dekat makam beliau terdapat pengawal sekaligus santrinya yaitu Malik, Isroil, Ali dan Akbar yang setia menemani Syekh Muhammad Sholeh dalam menyiarkan Agama Islam. 

Makam Syekh Muhammad Sholeh terletak di Gunung Santri, Kabupaten Serang, Banten. Jalan menuju makam Syekh Muhammad Sholeh membutuhkan stamina yang prima karena berada di kemiringan 70-75 derajat.

Editor : Reza Yunanto

Bagikan Artikel: