Tolong, Gadis Penderita Kaki Gajah di Sumba Barat Daya Ini Butuh Uluran Tangan

Dionisius Umbu Ana Lodu ยท Senin, 08 Maret 2021 - 20:14:00 WIB
Tolong, Gadis Penderita Kaki Gajah di Sumba Barat Daya Ini Butuh Uluran Tangan
Anastasia Arnonce Lende, warga Desa Pero, Kecamatan Wewewa Barat, Kabupaten Sumba Barat Daya, NTT, penderita penyakit kaki gajah. (Foto: Istimewa)

SUMBA BARAT DAYA, iNews.id – Sungguh berat penderitaan Anastasia Arnonce Lende, warga Desa Pero, Kecamatan Wewewa Barat, Kabupaten Sumba Barat Daya, NTT. Penyakit kaki gajah yang diidapnya membuat perempuan kelahiran 10 Agustus 1999 itu lebih banyak menghabiskan hidupnya dengan berbaring.

Anastasia mengaku, setiap hari, dia tidak bisa bergerak lebih banyak. Dia hanya mampu berjalan sejauh 2 hingga 3 meter saja karena menderita kaki gajah atau filariasis limfatik.

"Itu pun dengan tongkat. Kalau dipaksa, rasanya capek sekali karena kaki kiri saya ini berat sekali," kata Anastasia didampingi ibunda tercintanya Yustina Bulu.

Anastasia menceritakan hari-harinya saat didatangi seorang tenaga pendamping Disabilitas Kementerian Sosial RI,  Fredirikus Bulu Ladi, pada Minggu (7/3/2021) jelang petang lalu. Pendamping itu datang membawakan bantuan paket sembako bersama wartawan.

Saat menyambut tenaga pendamping dan wartawan, perempuan berusia 22 tahun ini mengungkapkan, jika tidak menderita sakit, dia ingin tetap bersekolah. Dia pun punya angan-angan untuk bisa membantu ekonomi keluarga dengan bekerja, baik di luar rumah ataupun sebatas membantu orang tua di kebun. 

"Coba tidak sakit, saya mau sekolah dan kemudian kerja bantu orang tua. Ini sekarang untuk melangkah saja saya sulit sekali," katanya.

Niat untuk sembuh tetap Anastasia pelihara. Keluarga pun menyimpan harapan yang sama. Hanya saja, kendala biaya masih membuat niat untuk berobat tidak bisa segera dilakukan. 

Yustina mengatakan, tidak pernah menyangka buah hatinya akan menghabiskan hidupnya tergeletak tidak berdaya seperti sekarang. Dia melahirkan putrinya dengan kondisi normal.

Editor : Maria Christina

Halaman : 1 2