Nenek 68 Tahun di Serang Banten Positif Covid-19, Tertular dari Keponakan

Okezone, Muhammad Rosyadi ยท Rabu, 03 Juni 2020 - 14:04 WIB
Nenek 68 Tahun di Serang Banten Positif Covid-19, Tertular dari Keponakan
Ilustrasi petugas medis menjemput pasien Covid-19. (Foto: Antara)

SERANG, iNews.id - Nenek berusia 68 tahun di Kecamatan Curug, Kota Serang, Provinsi Banten, terinfeksi virus corona atau Covid-19, setelah kontak langsung dengan keponakannya berinisial LM (20) yang positif corona. Pasien berinisial Ju itu dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Banten sejak Selasa 2 Juni 2020.

“Ju ini uwanya LM, jadi keponakannya dulu yang positif. LM bekerja di PT PEMI Kabupaten Tangerang,” kata Juru Bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Serang, Hari W Pamungkas, Rabu (3/6/2020).

Hari mengatakan, dari pengakuan Ju, dirinya tidak banyak beraktivitas di luar rumah. Namun, karena kontak fisik dengan keponakannya yang orang tanpa gejala (OTG), dirinya terpapar virus corona.

Ju diketahui positif Covid-19 setelah sebelumnya menjalani rapid test atas kasus keponakannya LM. Dari sebanyak 99 orang yang mengikuti tes cepat, sebanyak tujuh orang dinyatakan reaktif. Selanjutnya mereka menjalani tes swab.

"Dari hasil tes swab yang diinformasikan ke tim gugus tugas kemarin, Ju terkonfirmasi positif," ujarnya.

Dengan dinyatakannya Ju positif Covid-19, maka kasus tersebut termasuk transmisi lokal virus corona di Kota Serang. Untuk itu, Hari meminta kepada masyarakat mematuhi protokol kesehatan seperti menggunakan masker, menghindari kerumunan dan tetap menjaga jarak.

Berdasarkan data, saat ini kasus positif di Kota Serang sebanyak 12 orang. Empat di antaranya masih dirawat, 7 dinyatakan sembuh, dan 1 meninggal dunia. Adapun jumlah Pasien Dalam Pengawasan (PDP) sebanyak 40 orang, 10 masih dirawat, 26 sembuh dan 3 orang meninggal dunia. Sementara jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) 344 orang


Editor : Maria Christina