Terapkan New Normal, Sumba Tengah dan Barat Daya Tetap Waspadai Sumba Timur

Dion Umbu Ana Lodu ยท Rabu, 03 Juni 2020 - 13:30 WIB
Terapkan New Normal, Sumba Tengah dan Barat Daya Tetap Waspadai Sumba Timur
Petugas Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 memeriksa setiap warga yang datang melalui pintu masuk Kabupaten Sumba Tengah, Pulau Sumba, NTT, Rabu (3/6/2020). (Foto: iNews/Dion Umbu Ana Lodu)

WAIBAKUL, iNews.id – Empat kabupaten di Pulau Sumba, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) secara umum sudah siap untuk melaksanakan new normal. Namun, pemerintah daerah tetap waspada karena Kabupaten Sumba Timur masih berada dalam zona merah menyusul delapan warganya yang positif Covid-19.

Saat ini, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumba Tengah dan Sumba Barat Daya terus meningkatkan kewaspadaan pada warga yang datang dari luar Sumba, khususnya dari Kabupaten Sumba Timur. Pasalnya, kabupaten tetangga itu masih berstatus zona merah. Kendati seorang di antara delapan warganya telah dinyatakan sembuh dari Covid-19, Sumba Timur harus terus berupaya untuk bersih dari paparan virus corona.

Kondisi ini pula yang membuat Pemkab Sumba Tengah melalui Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 tetap menerapkan pemeriksaan ketat di pintu masuk kabupaten ini dari arah Sumba Timur. Arahan gubernur NTT agar aktivitas pemerintahan dan juga masyarakat berjalan normal dalam era new normal, disikapi Pemkab Sumba Tengah dengan hati-hati.

“Pintu masuk ke kabupaten di posko Timur tetap menerapkan pemeriksaan. Aktivitas warga juga terus dipantau dan secara kontinyu diberikan pemahaman agar mengikuti protap kesehatan,” kata Sekretaris Gugus Tugas Covid-19 Sumba Tengah Oktavianus Deki, Rabu (3/6/2020).

Kondisi tak jauh berbeda juga diterapkan oleh Kabupaten Sumba Barat Daya. Aktivitas perkantoran dan pelayanan publik telah mulai dilaksanakan. Kendati demikian, pemerintah daerah tidak nyaman karena Pulau Sumba masih belum bersih dari Covid-19.

“Kita siap menerapkan new normal. Tapi, ancamannya makin dahsyat ke depan, normal, bukan berati kita sudah bebas dari Covid-19. Justru kita harus lebih ketat menerapkan protokol kesehatan. Semua individu masyarakat jug harus disiplin,” kata Bupati Sumba Barat Daya Kornelius Kodi Mete.

Diketahui, Kabupaten Sumba Timur hingga kini masih berstatus zona merah. Hal itu karena baru satu dari delapan warganya dinyatakan sembuh atau bebas dari Covid-19. Sementara itu, hingga kini masih ada warga yang terus menjalani karantina terpusat di fasilitas yang disediakan oleh pemkab setempat.


Editor : Maria Christina