Kecewa, Gubernur NTT Minta Kepala Satpol PP Jemput Bupati Kupang Bahas Penanganan Bencana

Adi Rianghepat ยท Kamis, 08 April 2021 - 18:35:00 WIB
Kecewa, Gubernur NTT Minta Kepala Satpol PP Jemput Bupati Kupang Bahas Penanganan Bencana
Gubernur Nusa Tenggara Timur Viktor Laiskodat (Foto: Antara)

KUPANG, iNews.id - Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTT) Viktor Bungtilu Laiskodat tidak hanya geram kepada kepada Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Thomas Bangke yang tidak cepat berkoordinasi menangani korban di lapangan. Viktor juga kecewa kepada Bupati Kupang Korinus Masneno. 

Informasi diperoleh, Viktor Laiskodat sampai memerintahkan Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Cornelis Wadu untuk menjemput Bupati Kupang, Korinus Masneno. Hal ini terkait tak adanya data korban bencana yang tersedia daerah itu, melalui Kepala BPBD. 

Menurut Gubernur Viktor, hal itu merupakan bentuk penelantaran terhadap warga korban bencana di daerah itu. Dia lalu memerintahkan bupati Kupang untuk segera mengaktifkan posko dan data korban bencana yang dialami daerah itu.

Sementara saat ini Gubernur NTT berharap BPBD akan lebih baik melakukan koordinasi untuk penanganan korban setelah bencana NTT, setelah  menunjuk Kepala Dinas Perhubungan Isak Nuka sebagai pelaksana tugas (plt). 

Viktor sebelumnya memberhentikan Kepala BPBD NTT Thomas Bangke dari jabatannya karena dianggap tidak bisa berkoordinasi dalam penanganan korban bencana NTT.

"Benar, Bapak Gubernur sudah menujuk kepala dinas perhubungan sebagai pelaksan tugas, menggantikan kepala BPBD NTT," kata kepala Biro Humas Setda NTT, Jelamu Ardu Marius saat dihubungi, Kamis (8/4/2021).

Mantan kepala Dinas Pariwisata ini mengatakan, pergantian itu dilakukan karena gubernur memiliki pertimbangan tersendiri terhadap yang bersangkutan di tengah bencana NTT. 

Editor : Maria Christina

Halaman : 1 2