Waspada Perdagangan Orang di Lebak, Modus Tawarkan Pekerjaan dengan Gaji Besar

Antara · Rabu, 19 Oktober 2022 - 12:58:00 WIB
Waspada Perdagangan Orang di Lebak, Modus Tawarkan Pekerjaan dengan Gaji Besar
Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan, dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) Kabupaten Lebak Dedi Lukman. (Foto: Antara).

LEBAK, iNews.id - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebak meminta masyarakat agar mewaspadai perdagangan orang. Modusnya menawarkan pekerjaan ke luar daerah dengan iming-iming gaji besar.

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan, dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) Kabupaten Lebak Dedi Lukman mengungkapkan, tahun ini ada warganya seorang perempuan menjadi korban perdagangan orang.

Awalnya, kata dia korban dijanjikan bekerja di rumah makan di Pulau Sumatera. Namun korban disekap di Lampung.

"Biasanya, kasus bekerja diiming-iming dengan gaji besar sangat berpotensi jadi korban tindak pidana penjualan orang (TPPO)," ujar Dedi Lukman di Lebak, Selasa (18/10/2022).

Dia menuturkan, korban merupakan warga selatan Kabupaten Lebak berhasil melarikan diri dari penyekapan tersebut dan melaporkan kepada aparat penegak hukum hingga terungkap kasus tindak pidana perdagangan orang (TPPO).

Selama ini, kata dia korban modus pelaku mencari calon pekerja ke pelosok-pelosok desa di Kabupaten Lebak. Kejahatan perdagangan manusia itu dengan menawarkan pekerjaan ke luar daerah dan iming-iming gaji besar agar korban tertarik.

"Kami minta masyarakat mewaspadai orang tidak dikenal yang menawarkan pekerjaan kepada anggota keluarganya," ucapnya.

Editor : Kurnia Illahi

Halaman : 1 2

Follow Berita iNewsRegional di Google News

Bagikan Artikel: