Warga Serang Serahkan Burung Kakatua Jambul Kuning ke BKSDA 

Teguh Mahardika · Senin, 15 Februari 2021 - 22:29:00 WIB
Warga Serang Serahkan Burung Kakatua Jambul Kuning ke BKSDA 
Burung kakatua jambul kuning diserahkan warga Serang ke BKSDA. (Foto: MNC Portal/Teguh Mahardika)

SERANG, iNews.id - Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Wilayah I Serang menerima satu hewan dilindungi berjenis Kakatua jambul kuning (sulphurea) dari warga Kompleks Persada Banten, Kota Serang

Burung Kakatua itu diserahkan sukarela oleh warga. 

Kepala BKSDA Serang Andre Ginson mengatakan, burung yang dilindungi itu didapatkan di sekitar rumah. Selama beberapa hari tidak ada yang mengaku atas kepemilikan burung itu, akhirnya warga menelepon BKSDA Serang untuk dirawat. 

"Kita kemarin dihubungi bahwa di rumahnya ada Kakatua jambul kuning. Kita angkut kesini, menyerahkan dengan sukarela dan kita buat serah terimanya," kata Andre, Senin (15/2/2021). 

Dia menyebutkan, rencananya Kakatua dilepaskan di hutan lindung wilayah Timur bagian Indonesia. Mengingat di wilayah Banten, tidak ada habitat hutan untuk Kakatua. 

"Lihat perkembangan dulu, rencananya akan dilepaskan di lembaga konservasi untuk dilepas ke hutan. Di Banten nggak bisa karena bukan habitatnya, di bagian Timur Indonesia," ungkapnya. 

Kepala Resort Konservasi wilayah III BKSDA Kelas I Serang Tuwuh Rahadianto Laban menambahkan, sepanjang tahun 2021 sudah ada 10 hewan yang diserahkan warga secara sukarela. 

"Sepanjang tahun 2021 sudah ada 10 hewan yang diserahkan, ular 7, kukang 2, Kakatua," katanya. 

Editor : Kastolani Marzuki

Halaman : 1 2