Viral Video saat Peras Pengemis, 4 Oknum Satpol PP di Batam Ditangkap

Fadly Pelka ยท Rabu, 21 Oktober 2020 - 13:09:00 WIB
Viral Video saat Peras Pengemis, 4 Oknum Satpol PP di Batam Ditangkap
Direktur Ditreskrimum Polda Kepri Kombes Pol Arie Dharmanto. (Foto: SINDOnews/Dicky Sigit Rakasiwi)

Arie mengatakan, dari hasil penyelidikan, empat oknum Satpop PP itu kerap mengamankan beberapa orang pengemis. Salah satunya bernama Selamat, pengemis yang sering mangkal di simpang lampu merah dekat Universitas Internasional Batam (UIB), Baloi.

"Saat hendak diamankan, Pak Selamat ini berteriak histeris. Kondisinya terbatas dan tak bisa berbuat apa-apa selain berteriak menyampaikan dia menjadi korban pemerasan yang diduga dilakukan oleh oknum Satpol PP," kata Arie.

Korban Selamat mengaku beberapa kali ditangkap oleh Satpol PP. Oknum Satpol PP itu kemudian meminta uangnya mulai dari Rp100.000 sampai Rp300.000. Dia terakhir kali diperas hingga harus menyerahkan uang sebesar Rp50.000.

Kombes Pol Arie mengatakan, Polda Kepri masih akan mengembangkan kasus ini dan kemungkinan akan mengarah kepada oknum lain yang keterlibatannya lebih dominan.

Adapun modus operandi para pelaku, yaitu berpura-pura menangkap para pengemis. Mereka ditakut-takuti akan dibawa ke kantor Dinas Sosial. Apabila tidak mau dibawa, para pengemis harus memberikan uang hasil mengemis.

"Akibat perbuatannya, keempat oknum anggota Satpol PP yang diperbantukan di Dinsos Batam ini dijerat dengan Pasal 368 KUHPidana. Ancaman hukuman maksimal sembilan tahun penjara," ujarnya.

Editor : Maria Christina