Viral Orang Utan Masuk ke Permukiman Warga, Netizen: Rumahnya Jadi Kebun Sawit

Nani Suherni ยท Rabu, 09 Juni 2021 - 16:07:00 WIB
Viral Orang Utan Masuk ke Permukiman Warga, Netizen: Rumahnya Jadi Kebun Sawit
Orang utan yang masuk ke permukiman warga di Desa Lusan, Kecamatan Muara Komam, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Kalimantan Timur. (Istimewa)

PENAJAM PASER UTARA, iNews.id - Video kemunculan orang utan di permukiman Desa Lusan, Kecamatan Muara Komam, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Kalimantan Timur (Kaltim), viral di media sosial. Kedatangan satwa langka itu pun menghebohkan warga setempat.

Dalam video viral di media sosial Instagram disebutkan, orang utan itu masuk ke permukiman warga, Selasa (8/6/2021) siang.

Video satwa bernama latin Pongo pygmaeus pertama kali diunggah akun deliiiisaa. Dalam rekaman video itu terlihat seekor orang utan berjalan di sisi kiri jalan disaksikan puluhan warga setempat.

Warga pun ramai-ramai mendatangi dan mengikutinya. Satwa itu sempat berhenti di depan rumah warga dan di bawah sebuah pohon. 

Dalam video lain yang beredar, warga juga tampak mendekati orang utan tersebut. Bahkan, ada yang berani memegang dan mencoba berkomunikasi karena orang utan itu tampak tidak agresif.

Diduga, orang utan tersebut kelaparan sehingga masuk ke kampung untuk mencari makan. Warga setempat yang kasihan mendekat dan memberikannya makanan berupa pisang. 

Warga juga akhirnya melaporkan keberadaan orang utan di permukiman mereka kepada Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Balikpapan agar satwa dilindungi itu bisa segera dikembalikan ke habitatnya.

Editor : Maria Christina

Halaman : 1 2