Viral Oknum Satpol PP di Batam Peras Pengemis Disabilitas Modus Tangkap Lepas

Gusti Yennosa ยท Rabu, 21 Oktober 2020 - 05:30:00 WIB
Viral Oknum Satpol PP di Batam Peras Pengemis Disabilitas Modus Tangkap Lepas
Dirkrimum Polda Kepri Kombes Pol Arie Darmanto saat ekspose kasus dugaan pemerasan melibatkan oknum Satpol PP Batam. (Foto: iNews/Gusti Yennosa)

BATAM, iNews.id - Jagat maya heboh dengan beredarnya rekaman dugaan pemerasan yang dialami pengemis disabilitas di lampu merah kawasan taman kota, Lubuk Baja, Kota Batam. Para pelakunya yakni oknum anggota Satpol PP yang menggunakan kendaraan dinas milik Dinas Sosial dengan modus penertiban tangkap lepas.

Dalam video pendek berdurasi 3 menit 25 detik, tampak pengemis disabilitas yang diketahui bernama Slamet histeris dan memberontak meminta tolong pada pengguna jalan. Dia diamankan oknum petugas kemudian dimasukkan ke dalam mobil dinas. Setelah itu dia dilepas di pinggir jalan, namun uang hasil mengemisnya diambil para oknum tersebut.

Merespons video yang viral, Ditreskrimum Polda Kepri bergerak cepat dan menangkap keempat oknum Satpol PP tersebut. Mereka selama ini bertugas di Kantor Dinas Sosial Kota Batam. Identitasnya yakni MR, S, KS dan JP. Satu dari tiga pelaku yang berinisial S merupakan seorang ASN, sedangkan tiga lainnya berstatus honorer dengan masa kerja sudah tiga tahun.

"Dari video yang viral di medsos ini kami mengamankan empat oknum Satpol PP. Mereka diduga melakukan prosedur penegakan perda yang menyalahi SOP," ujar Dirkrimum Polda Kepri Kombes Pol Arie Darmanto, Selasa (20/10/2020).

Editor : Donald Karouw

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: