Sepasang Orang Utan Sumatera Sekolah di Jambi Agar Mandiri

Antara · Sabtu, 22 Mei 2021 - 05:40:00 WIB
Sepasang Orang Utan Sumatera Sekolah di Jambi Agar Mandiri
Sepasang orang utan selamat dari upaya penyelundupan akan menjalani rehabilitasi di sekolah orang utan Jambi. (Foto: Antara)

"Kami baru saja menerima dua ekor atau sepasang orang utan dari Lampung dan akan disekolahkan lebih dahulu sebelum dilepasliarkan di alamnya di Provinsi Jambi, dan selama beberapa tahun ini kedua orang utan yang dinamai Siti dan Sudin akan menjalani rehabilitasi dan sekolah orang utan di Danau Alo," kata Kepala BKSDA Jambi, Rahmad Saleh.

BKSDA Jambi bersama Frankfurt Hoogical Society (FZS) sebagai pengelola sekolah orang utan di Jambiakan melakukan perawatan dan rehabilitasi lebih dahulu sebelum keduanya dilepasliarkan pada beberapa tahun mendatang hingga cukup untuk hidup di alam aslinya.

Butuh waktu dua bulan untuk melakukan cek kesehatan terhadap dua orang utan sumatera sebelum masuk ke sekolah orang utan sebagai wadah dalam menempa diri mereka agar bisa belajar hidup di alam liar habitat mereka yang sebenarnya.

"Butuh waktu sekitar lima tahun lagi, sesuai dengan usianya saat ini baru satu tahun lebih, untuk harus tetap belajar di sekolah orang utan hingga bisa mandiri," kata Rahmad Saleh.

Editor : Berli Zulkanedi

Bagikan Artikel: