Rapat Petani Sawit Kopsa M di Pekanbaru Ricuh, Sempat Saling Lempar Kursi

Banda Haruddin Tanjung ยท Jumat, 03 Desember 2021 - 19:33:00 WIB
Rapat Petani Sawit Kopsa M di Pekanbaru Ricuh, Sempat Saling Lempar Kursi
Kericuhan yang terjadi antarsesama petani dalam rapat Koperasi Sawit Makmur (Kopsa-M) di salah satu hotel berbintang di Pekanbaru. (Foto: MPI/Banda HT)

Dia mengatakan, penyelenggaraan RAT tersebut diduga sebagai cara Anthony untuk menyelamatkan diri. Dalam orasinya, para petani mendesak Anthony segera dibekuk setelah ditetapkan tersangka. Terlebih lagi, masa kepengurusan pengajar Fakultas Pertanian Universitas Riau itu telah usai sejak 2 Desember 2021.

Selama kepengurusannya, Anthony tidak mampu mempertanggungjawabkan penggunaan anggaran sebesar Rp12 miliar. Termasuk pembayaran bagi hasil kepada petani serta cicilan kepada PTPN V sebagai 'Bapak Angkat'.

Padahal, Anthony kerap memposisikan diri sebagai petani teraniaya dengan mencari perlindungan hingga ke Kantor Staf Presiden (KSP). 

"Kami juga menuntut laporan pertanggung jawaban (LPJ) sejak 2019, 2020 dan 2021 kepengurusan Kopsa M yang dipimpin Antony karena tidak pernah ada kejelasan. Karena kekacauan itu lahan sawit kami terbengkalai dan akhirnya PTPN V sebagai mitra membantu menalangi gaji kami," katanya.

Editor : Donald Karouw

Follow Berita iNewsRegional di Google News

Bagikan Artikel: