Rapat Petani Sawit Kopsa M di Pekanbaru Ricuh, Sempat Saling Lempar Kursi

Banda Haruddin Tanjung ยท Jumat, 03 Desember 2021 - 19:33:00 WIB
Rapat Petani Sawit Kopsa M di Pekanbaru Ricuh, Sempat Saling Lempar Kursi
Kericuhan yang terjadi antarsesama petani dalam rapat Koperasi Sawit Makmur (Kopsa-M) di salah satu hotel berbintang di Pekanbaru. (Foto: MPI/Banda HT)

PEKANBARU, iNews.id - Bentrokan antara sesama petani sawit terjadi di sebuah hotel berbintang di Kota Pekanbaru yang menjadi tempat penyelenggaraan rapat Koperasi Sawit Makmur (Kopsa-M), Jumat (3/12/2021) petang. Para petani sawit dari Desa Pangkalan Baru, Kecamatan Siak Hulu, Kabupaten Kampar, Riau datang hingga terjadi kericuhan karena mereka menilai rapat tersebut ilegal.

Pada awalnya, massa petani sawit berorasi di halaman Hotel Prime Park, Pekanbaru tempat kegitan tersebut. Mereka menyebut rapat tersebut ilegal dan merupakan suruhan dari mantan Ketua Kopsa-M Antony Hamzah yang kini menjadi tersangka kasus penyerangan di Mapolres Kampar. Mereka meminta massa petani di dalam hotel agar bubar.

Pantauan di lokasi, tak lama berselang ratusan petani pria dan perempuan mencoba merangsek masuk di acara rapat yang berada di Ballroom Hotel Prime Park. Mereka mendorong pintu yang sempat ditahan dari dalam hingga akhirnya terbuka.

Saat itu, massa melempari petani Kopsa M dengan kursi. Kemudian terjadilah keributan antara kedua kubu, namun dengan cepat dilerai polisi.

Iwan, salah petani sawit menegaskan, Rapat Anggota Tahunan (RAT) Kopsa-M yang diselenggarakan tersebut cacat hukum. Selain itu, mulai dari panitia penyelenggara dan peserta bukanlah tercatat sebagai petani asli Kopsa-M. 

"Kami petani Kopsa-M. Kami yang asli bahkan tidak diundang dalam acara RAT. Bahkan kalau diundang pun dengan tegas kami menolak untuk mengikuti RAT karena ini cacat hukum," ujarnya, Jumat (3/12/2021).

Editor : Donald Karouw

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: