PSU Pilgub Jambi, Bawaslu Temukan Potensi Pelanggaran di Muaro Jambi

Felldy Utama · Kamis, 27 Mei 2021 - 13:59:00 WIB
PSU Pilgub Jambi, Bawaslu Temukan Potensi Pelanggaran di Muaro Jambi
Ilustrasi pilkada. (Foto: Ist)

JAMBI, iNews.id - Anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Mochammad Afiffudin menemukan potensi pelanggaran saat mengawasi langsung pelaksanaan pemungutan suara ulang (PSU) Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jambi Tahun 2020. Temuan tersebut ketika Afif bersama jajarannya ke Kabupaten Muaro Jambi

Afif mengatakan, potensi pelanggaran tersebut tepatnya di TPS 004 Desa Penyengat Olak, Kecamatan Jambi Luar Kota, dan TPS 004 Desa Senaung, Kecamatan Jambi Luar Kota.

Salah satu yang dicermati daftar pemilih tetap (DPT). Mengingat dalam perkara perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU) di Mahkamah Konstitusi (MK), persoalan daftar pemilih menjadi salah satu yang paling disorot.

Dalam PSU ini, ada potensi pemilih belum melakukan perekaman KTP-Elektronik, tapi namanya masuk dalam DPT.

"Misalnya tadi di TPS (Desa Penyangat Olak). Yang kita dapati itu kan pencermatan DPT-nya sama-sama dilakukan oleh Bawaslu maupun KPU itu ada delapan orang yang tadinya MS menjadi TMS yang sudah punya, masuk DPT, tapi belum rekam. Di sini kalo gak salah ada dua," kata Afif usai melakukan pengawasan di Desa Senaung, Jambi, Kamis (27/5/2021).

Koordinator Divisi Pengawasan dan Sosialisasi Bawaslu ini memastikan potensi pelanggaran semacam ini akan menjadi perhatian dari jajarannya.

"Itu hal-hal yang berpotensi terjadi dan sedang diawasi oleh teman-teman," ujarnya.

Afif berharap pelaksanaan PSU ini bisa berjalan dengan lancar dan tidak banyak terjadu masalah. Sementara saat disinggung TPS lainnya di wilayah Muaro Jambi, dia mengaku belum mendapatkan data pengawasan secara komprehensif.

"Itu masih proses (pengawasan), masih berjalan sampai saat ini," ujarnya.

Editor : Maria Christina

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: