Positif Corona, Kondisi Terkini Wali Kota Tanjungpinang Syahrul Kurang Baik

Humala Nasution, Antara ยท Kamis, 16 April 2020 - 14:12:00 WIB
Positif Corona, Kondisi Terkini Wali Kota Tanjungpinang Syahrul Kurang Baik
Wali Kota Tanjungpinang Syahrul saat bersama sejumlah wartawan dalam kegiatan penyerahan bantuan APD dari pemerintah pusat, Sabtu (4/4/2020). (Foto: Antara)

TANJUNGPINANG, iNews.id – Wali Kota Tanjungpinang Syahrul yang positif terinfeksi virus corona atau Covid-19, masih dirawat intensif di Rumah Sakit Umum (RSU) Provinsi Kepulauan Riau (Kepri). Kondisi Syahrul saat ini kurang baik dan harus menggunakan ventilator.

Syahrul dirawat di rumah sakit sejak Sabtu (11/4/2020). Dia ditetapkan sebagai pasien positif Covid-19 Nomor 27 setelah tes PCR beberapa hari lalu.

“Kondisi terkini Pak Wali Kota Tanjungpinang kurang baik,” kata Kepala Dinas Kesehatan Tanjungpinang, Rustam di Tanjungpinang, Kamis (16/4/2020).

Direktur RSUP Kepri Elfiani Sandri, mengatakan hal yang sama. Di tubuh Syahrul masih terpasang ventilator, alat yang digunakan untuk membantu pernapasan. Tim medis juga telah mengupayakan berbagai tindakan medis lainnya, seperti transfusi darah. “Tim medis juga telah melakukan transfusi darah,” ujarnya.

Peralatan medis untuk merawat Syahrul sebagian dibantu oleh RS Awal Bros Batam.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan Kepri, Tjetjep Yudiana, mengatakan kondisi Syahrul masih labil. Tjetjep mengajak seluruh masyarakat untuk mendoakan Syahrul agar sembuh dari penyakitnya.

“Kondisinya kadang stabil, kadang tidak. Semoga Pak Syahrul segera sembuh. Amin,” ujarnya.

Kepala Dinas Kesehatan Tanjungpinang, Rustam menyebutkan, sejak Wali Kota Tanjungpinang Syahrul dinyatakan positif Covid-19, tim medis melakukan upaya pencegahan dengan melakukan tes massal terhadap orang yang memiliki riwayat kontak dengan Syahrul.

Rustam mengatakan, sudah lebih dari 70 orang yang menjalani rapid test dan pengambilan sampel swab. Langkah ini dilakukan untuk menelusuri riwayat kontak dan memutus rantai penyebaran virus tersebut.

“Sudah 70 orang lebih yang dicek, sekarang saya juga sedang karantina mandiri di rumah,” ujar Rustam.

Sementara Wakil Wali Kota Tanjungpinang Kepri, Rahma dinyatakan negatif Covid-19 berdasarkan hasil tes cepat atau rapid test. Rahma melakukan rapid test pada Selasa (14/4/2020), atau sehari setelah Wali Kota Tanjungpinang Syahrul dinyatakan positif corona.

“Alhamdulillah, saya sudah rapid test, hasilnya negatif. Begitu juga pengawal pribadi, ajudan dan supir, juga negatif,” kata Rahma, Rabu (15/4/2020).

Selain melakukan rapid test Rahma beserta keluarga juga melakukan karantina mandiri di rumah sebagai upaya pencegahan penyebaran virus tersebut.

Dia pun mengajak seluruh masyarakat untuk memberikan dukungan dan doa kepada Wali Kota yang saat ini masih dirawat intensif di RSUD Raja Ahmad Tabib di Tanjungpinang.

“Mari kita doakan kesembuhan Bapak Wali Kota yang saat ini sedang menjalani perawatan di rumah sakit,” ujarnya.

Rahma juga meminta jajarannya untuk tetap melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya. Dia percaya gugus tugas dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait dapat bekerja maksimal serta terus berikhtiar untuk menangani pandemi Covid-19 di Kota Tanjungpinang.

Politisi NasDem itu pun menegaskan roda pemerintahan Pemkot Tanjungpinang tetap berjalan di tengah pandemi Covid-19. “Mari kita memberi semangat kepada seluruh warga untuk bergandeng tangan memerangi wabah ini. Jaga keluarga kita, masyarakat kita dan seluruh jajaran Pemkot Tanjungpinang,” ujarnya.

Editor : Maria Christina

Bagikan Artikel: