Pascademo Buruh Rusuh di Konawe, Bupati Bertemu dengan Pimpinan PT VDNI

Mukhtaruddin ยท Selasa, 15 Desember 2020 - 17:11:00 WIB
Pascademo Buruh Rusuh di Konawe, Bupati Bertemu dengan Pimpinan PT VDNI
Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa menggelar pertemuan dengan pimpinan PT VDNI di Kantor Kecamatan Sampara, Kendari, Selasa (15/12/2020). (Foto: iNews/ Mukhtaruddin)

KONAWE, iNews.id – Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa menggelar pertemuan dengan pihak perusahaan PT Virtue Dragon Nickel Industry (VDNI) Morosi dan tokoh masyarakat Konawe, menyikapi demo buruh yang berakhir rusuh, Senin (14/12/2020). Pertemuan digelar di aula Kantor Kecamatan Sampara, Selasa (15/12/2020).

Pertemuan ini juga dihadiri oleh Kapolda Sulawesi Tenggara Irjen Yan Sultra Indrajaya, Danrem 143 Haluoleo Brigjen TNI Jannie Aldrin Siahaan, dan pimpinan atau CEO PT VDNI.

Dalam pertemuan itu, Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa menyampaikan, sangat menyayangkan bentrokan buruh saat demonstrasi di kawasan industri pertambangan nikel PT VDNI, Senin (14/12/2020) kemarin. Dalam aksi itu, puluhan kendaraan juga dibakar massa aksi.

Bupati Konawe meminta agar kasus bentrokan yang melibatkan buruh dan petugas pengamanan perusahaan itu tidak terulang lagi. Sebab, kerusuhan seperti itu dapat merugikan kedua belah pihak. Apalagi, Konawe saat ini sudah menjadi masa depan Indonesia sehingga kondusivitas daerah itu perlu dijaga bersama. 

“Mudah-mudahan dengan pertemuan yang melibatkan kapolda, danrem dan dari berbagai pihak tadi, persoalan segera selesai. Karena dengan kejadian seperti ini, kepercayaan dunia kepada kita akan turun,” katanya.

Keri menduga aksi bentrokan terjadi akibat komunikasi yang kurang baik antara pihak perusahaan dan buruh yang menggelar demonstrasi menuntut kejelasan kontrak kerja dan kenaikan upah. Bupati meminta perusahaan lebih cepat merespons tuntutan para buruh sehingga tidak terjadi masalah lagi antara buruh dan perusahaan.

Selain itu, Keri juga memohon maaf kepada PT VDNI atas bentrokan yang terjadi sehingga menyebabkan puluhan kendaraan milik perusahaan terbakar. “Mudah-mudahan tidak ada lagi kejadian seperti ini,” ujarnya.

Editor : Maria Christina

Halaman : 1 2