Orang Utan yang Viral Masuk Kampung di Paser Kaltim Akan Dites Covid-19

Mukmin Azis ยท Rabu, 09 Juni 2021 - 16:28:00 WIB
Orang Utan yang Viral Masuk Kampung di Paser Kaltim Akan Dites Covid-19
Orang utan yang masuk ke permukiman warga di Desa Lusan, Kecamatan Muara Komam, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Kalimantan Timur. (Istimewa)

BALIKPAPAN, iNews.id – Beredar video orang utan masuk ke perkampungan di Desa Lusan, Kecamatan Muara Komam, Kabupaten Paser, Kalimantan Timur. Kehadiran orang utan tersebut menghebohkan warga hingga viral di media sosial.

Dalam video tersebut, tampak satwa dilindungi itu berbaur dengan warga desa tanpa rasa takut. Warga pun memberi makanan kepada primata tersebut.

Kepala Seksi Konservasi Wilayah III BKSDA Kaltim, Suriawati Halim menuturkan, tujuh personel gabungan petugas BKSDA dibantu Borneo Orangutan Survival Foundation (BOSF) sudah diterjunkan ke lokasi untuk memantau sekaligus mengevakuasi orang utan tersebut.

“Dari BOSF mengirimkan tim dokter yakni dokter Muhtadin Wahyu,” katanya, Rabu (9/6/2021).

Namun proses evakuasi, kata dia, belum bisa dilakukan karena terkendala sulitnya akses komunikasi di Desa Lusan yang berada di tengah hutan.

“BKSDA telah berupaya melakukan sosialiasasi kepada warga Desa Lusan untuk tidak mendekat dan berkoordinasi dengan perangkat desa setempat terutama unsur kepolisian, lurah dan unsur TNI,” katanya.

Rencananya, kata dia, jika memang proses evakuasi dilakukan dan membawa orang utan ke Balikpapan, BKSDA akan melakukan tes Covid-19 terhadap satwa tersebut.

“Setelah itu, kita lepasliarkan kembali. Namun, kita masih menunggu kondisi kesehatan satwa serta mencari habitat lokasi yang tepat baik ketersediaan pakan dan minuman,” katanya.

Editor : Kastolani Marzuki