6 Lagu Daerah di Kalimantan Timur Beserta Lirik dan Maknanya

Rizka Tri Wahyuni ยท Sabtu, 13 November 2021 - 12:10:00 WIB
6 Lagu Daerah di Kalimantan Timur Beserta Lirik dan Maknanya
Rumah adat Dayak Ramin Bantang di Bengkayang. (Foto: IG @sitimustiani)

JAKARTA, iNews.id - Ada 6 lagu daerah di Kalimantan Timur yang mengandung makna serta filosofi di balik lirik yang diciptakan.

Selain kaya akan sumber daya alam serta kebudayaan yang beragam, Kalimantan Timur mempunyai lagu daerah sebagai media menyampaikan pesan, cerita, dan hiburan.

Berikut ini 6 lagu daerah di Kalimantan Timur yang akan menambah pengetahuan kita tentang budaya, makna, hingga cerita di dalam lagu tersebut.

1. Indung-Indung

“Indung indung kepala lindung, hujan di udik disini mendung, anak siapa pakai kerudung, mata melirik kaki kesandung…”.

Itu tadi merupakan sepenggal lirik dari lagu daerah di Kalimantan Timur dengan judul Indung-Indung.

Indung-Indung merupakan lagu daerah yang memiliki makna atau nasihat agama bahwa tiada upaya maupun daya selain berserah diri kepada Allah SWT. 

Indung yang memiliki arti ibu atau mama, dan udik sendiri berarti desa. Karena lagu ini mengandung makna nasihat, maka banyak orang tua yang mengajarkan dan menyanyikan lagu ini untuk anak-anaknya dengan tujuan menjadi doa serta harapan agar anak-anaknya tumbuh dengan akhlak yang baik dan menjunjung tinggi sopan santun.

2. Burung Enggang

Lagu daerah selanjutnya yaitu Burung Enggang yang menggunakan lirik dari bahasa Kutai. Burung ini merupakan hewan khas dari Kalimantan Timur yang sangat dijaga serta memiliki filosofi kehidupan suku dayak di Kalimantan Timur. 

Tak heran jika properti seperti burung enggang kerap dipakai pada tiap kesempatan pertunjukkan kebudayaan. Burung enggang dalam lagu ini dimaknai sebagai simbol kedamaian, kekuatan, dan kesejahteraan suku dayak seperti potongan lirik di bawah ini.

“Burung enggang si burung wali,
Apa kabar datang ke sini,
Singgah di ranting puhun wanyi,
Merana hidup terangguk-angguk…”

Editor : Reza Yunanto

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel: