Kembali Meletus, Gunung Ile Lewotolok Semburkan Abu Setinggi 1.500 Meter

Joni Nura · Minggu, 18 April 2021 - 12:19:00 WIB
Kembali Meletus, Gunung Ile Lewotolok Semburkan Abu Setinggi 1.500 Meter
Gunung Api Ile Lewotolok di Lembata, Nusa Tenggara Timur (NTT) kembali meletus dan menyeburkan abu vulkanik setinggi 1.500 meter, Minggu (18/4/2021).

LEMBATA, iNews.id - Gunung Api Ile Lewotolok di Lembata, Nusa Tenggara Timur (NTT) kembali erupsi dan menyeburkan abu vulkanik setinggi 1.500 meter, Minggu (18/4/2021). Letusan ini terus meningkat dan membahayakan sehingga warga diminta waspada serta dilarang mendekat.

Letusan terjadi sekitar pukul 11.00 WITA. Tinggi kolom abu teramati mencapai setinggi 1.500 meter dari bibir kawah. Kolom abu teramati berwarna putih hingga kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah barat. 

"Masyarakat di sekitar Gunung Ile Lewotolok maupun pengunjung, pendaki, wisatawan direkoendasikan tidak melakukan aktivitas radius 3 kilometer," kata petugas Pos Pembantu Ile Lewotolok, Stanislaus Ara Kian.

Dia menambahkan, Gunung Ile Lewotolok saat ini masih berstatus level III atau siaga.

"Masyarakat di Desa Jontona, agar selalu mewaspadai potensi ancaman bahaya longsoran material lapuk yang dapat disertai oleh awan panas dari bagian tenggara puncak kawah Gunung Api Ile Lewotolok ," ujarnya.

Abu vulkanik berpotensi dapat mengakibatkan gangguan pernapasan (ispa), maupun gangguan kesehatan lainnya. Maka dari itu masyarakat yang berada di sekitar Gunung Api Ile Lewotolok diminta terus waspada dan mengenakan masker.

Masyarakat yang bermukim di sekitar aliran sungai-sungai yang berhulu di puncak Gunung Api Ile Lewotolok diminta mewaspadai ancaman lahar terutama disaat musim hujan. Hingga saat ini, warga masih memilih bertahan di kaki Gunung Api Ile Lewotolok

Editor : Reza Yunanto

Bagikan Artikel: