Kapal Multi Sahabat 8 Tenggelam di Batu Ampar Batam, Nakhoda Hilang

Gusti Yennosa ยท Rabu, 24 Juni 2020 - 20:10 WIB
Kapal Multi Sahabat 8 Tenggelam di Batu Ampar Batam, Nakhoda Hilang
Tim SAR Gabungan berhasil mengevakuasi empat ABK Kapal Tugboat (TB) Multi Sahabat 8 yang tenggelam di perairan Batu Ampar, Kota Batam, Kepri, Rabu (24/6/2020) sore. (Foto: iNews/Gusti Yennosa)

BATAM, iNews.id – Kapal Tugboat (TB) Multi Sahabat 8 tenggelam dihantam ombak di perairan Batu Ampar, Kota Batam, Kepulauan Riau (Kepri), Rabu (24/6/2020) sore. Empat orang anak buah kapal (ABK) ditemukan dalam keadaan selamat sedangkan nakhoda kapal hilang dan masih dalam pencarian tim SAR gabungan.

“Kami mendapat informasi kecelakaan kapal tenggelam pukul 16.00 WIB dan langsung menurunkan personel ke lokasi melakukan pencarian,” kata Kepala Basarnas Tanjung Pinang Mu’min, Rabu (24/6/2020).

Mu’min mengatakan, Kapal TB Multi Sahabat 8 dilaporkan tenggelam saat mengerjakan pemasangan fender atau bumper untuk meredam benturan pada Kapal MT Clear Ocean Appolon 11 di Perairan Batu Ampar, Batam.

Namun, saat pengerjaan, gelombang tinggi menghantam kapal tugboat tersebut. Akibatnya kapal berbobot ratusan ton tersebut rusak dan tenggelam. Diketahui, cuaca buruk dan gelombang tinggi melanda Batam dalam satu pekan terakhir.

Mu’min mengatakan, setelah mendapat informasi, pihaknya langsung menuju lokasi untuk melakukan pertolongan terhadap para ABK. Saat kejadian dilaporkan ada lima orang berada di kapal TB Sahabat 8 tersebut.

Tim SAR gabungan berhasil menemukan empat ABK dalam kondisi selamat dan terapung di lautan. Sementara kapten kapal dinyatakan hilang dan masih dalam pencarian.

“Nakhoda atas nama pak Bambang Hardiyanto masih dalam pencarian tim gabungan hingga saat ini,” ujarnya.

Selain melakukan evakuasi terhadap para korban, tim gabungan Basarnas juga melakukan pemasangan pelampung sebagai tanda ada kapal tenggelam. Tim SAR gabungan juga mencari lokasi bangkai kapal.


Editor : Maria Christina