Polisi Musnahkan Puluhan Kg Sabu dari Jaringan Narkoba Internasional di Riau

Indra Yosserizal ยท Rabu, 24 Juni 2020 - 16:15 WIB
Polisi Musnahkan Puluhan Kg Sabu dari Jaringan Narkoba Internasional di Riau
Puluhan kilogram narkoba jenis sabu, ganja dan pils ekstasi dimusnahkan jajaran Polda Riau. (Foto: iNews/Indra Yosserizal)

PEKANBARU, iNews.idPolda Riau memusnahkan puluhan kilogram (kg) narkoba jenis sabu dan ganja, serta ratusan butir pil ekstasi. Barang haram tersebut merupakan hasil operasi pemberantasan narkoba. Dari operasi itu, polisi menangkap 11 pengedar narkoba.

Kapolda Riau, Irjen Pol Agung Imam Setya Effendi mengatakan, narkoba senilai miliaran rupiah itu merupakan hasil operasi pemberantasan narkoba yang dilakukan Ditresnarkoba Polda Riau selama sebulan terakhir.

“Ada 11 orang pemilik barang haram tersebut yang kita tangkap dan sudah dijadikan tersangka. Para tersangka ini merupakan pengedar narkoba jaringan internasional dan jaringan pengedar lintas provinsi,” kata Kapolda di sela-sela pemusnahan barang bukti narkoba di halaman Kantor Lembaga Adat Riau, Jalan Diponegoro, Pekanbaru, Rabu (24/6/2020).

Kapolda megungkapkan, barang bukti yang dimusnahkan terdiri atas 35, 54 kg sabu, 87,64 kg ganja kering, 585 butir pil ekstasi, dan 2,3 kg serbuk ekstasi.

Pemusnahan barang bukti sabu dilakukan dengan cara dilarutkan ke dalam air yang sudah dicampur dengan cairan pembasmi serangga. Sedangkan pemusnahan ganja kering dilakukan dengan cara dibakar.

Menurut Kapolda, pemusnahan narkoba itu dilakukan agar masyrakat mengetahui bahwa menangani narkoba bukan hanya kepolisian tapi seluruh elemen masyarakat.


Editor : Kastolani Marzuki