Jaring Ikan di Laut Natuna, 2 Kapal Vietnam Ditangkap TNI AL

Tim iNews ยท Sabtu, 03 Oktober 2020 - 11:52:00 WIB
Jaring Ikan di Laut Natuna, 2 Kapal Vietnam Ditangkap TNI AL
Ilustrasi. (Foto ist).

JAKARTA, iNews.id - Dua kapal asing asal Vietnam menangkap ikan secara ilegal di perairan Laut Natuna Utara, Jumat (2/10/2020). Akibat penangkapan ikan itu, dua kapal tersebut ditangkap Patroli TNI Angkatan Laut, KRI John Lie-358 (KRI JOL 358).

Kronologi penangkapan bermula, KRI John Lie-358 melaksanakan patroli rutin di perairan Laut Natuna Utara mendeteksi 2 kontak yang dicurigai kapal ikan asing. Setelah mendekati 2 kontak itu, ternyata kedua kapal sedang melakukan penangkapan ikan.

Kedua kapal itu mengelabui petugas dengan mematikan semua lampu, melepaskan jaring ke laut dan menambah kecepatan untuk menghindari KRI JOL-358.

Komandan KRI JOL-358 Kolonel Laut (P) Bagus Badari pun memerintahkan untuk menurunkan Tim VBSS (Visit Board Search and Seizure) dengan menggunakan Rubber Inflatable Boat (RIB) menangkap kedua kapal itu.

"Mereka diduga melakukan penangkapan ikan di Perairan Landas Kontinen Indonesia tanpa dilengkapi dokumen perijinan yang sah, serta menggunakan alat tangkap yang tidak sesuai dengan aturan," kata Bagus dalam keterangan pers, Sabtu (3/10/2020).

Editor : Faieq Hidayat

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: