Ini Hasil Lengkap Survei dan Rekomendasi BMKG terkait Gempa Merusak M6,6 di Banten

Nani Suherni ยท Kamis, 20 Januari 2022 - 14:11:00 WIB
Ini Hasil Lengkap Survei dan Rekomendasi BMKG terkait Gempa Merusak M6,6 di Banten
Peta data guncangan gempa M6,6 di Selatan Banten. (Foto: BMKG)

JAKARTA, iNews.id - BMKG telah melakukan survei terkait gempa bumi merusak yang mengguncang wilayah selatan Banten pada Jumat (14/1/2022) pukul 16.05 WIB. Hasil analisis BMKG menunjukkan gempa bumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo 6,6.

Lokasi episenter gempa terletak pada koordinat 7,21° LS dan 105,05° BT atau tepatnya berpusat di laut dengan jarak 132 km arah Barat Daya Kota Pandeglang, Kabupaten Pandeglang, Banten pada kedalaman 40 km. 

Kepala Pusat Seismologi Teknik, Geofisika Potensial dan Tanda Waktu BMKG Rahmat Triyono mengatakan, dampak gempa berdasarkan peta tingkat guncangan (shakemap) getaran dirasakan di daerah Cikeusik dan Panimbang dengan skala intensitas VI MMI (Getaran dirasakan oleh semua penduduk. Kebanyakan semua orang merasakan kuat dan berlari keluar rumah hingga terjadi kerusakan ringan pada bangunan).

Kemudian di Labuan dan Sumur dengan skala intensitas IV MMI (Bila pada siang hari dirasakan orang banyak dalam rumah). Selanjutnya Tangerang Selatan, Lembang, Kota bogor, Pelabuhan Ratu, Kalianda, Bandarlampung dengan skala intensitas III – IV MMI. Lalu Anyer dengan skala intensitas III MMI. Untuk Jakarta, Kota Tangerang, Ciracas, Bekasi, Kota Bandung, Kabupaten Bogor, Kotabumi dengan skala intensitas II - III MMI.

"Berdasarkan laporan Pusdalop BPBD Banten lokasi terdampak dengan kerusakan terbanyak terdapat di Kecamatan Sumur Kabupaten Pandeglang dengan data total kerusakan 606 bangunan (61 Rusak Berat, 146 Rusak Sedang dan 399 Rusak Ringan)," ujarnya, Kamis (20/1/2022).

Editor : Donald Karouw

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: