Hari Santri 2020, PBNU Gelar Doa Tolak Bala dan Pembacaan 1 Miliar Shalawat

Irfan Ma'ruf · Kamis, 22 Oktober 2020 - 15:11:00 WIB
Hari Santri 2020, PBNU Gelar Doa Tolak Bala dan Pembacaan 1 Miliar Shalawat
PBNU malam ini menggelar doa bersama tolak bala dan pembacaan 1 miliar shalawat memperingati Hari Santri 2020, Kamis (22/10/2020). (Foto: ist)

Salah satu upaya melawan wabah Covid-19 yakni dengan bermunajat kepada Allah SWT. Berikuti ini rujukan doa tolak bala untuk memohon kepada Allah SWT agar terhindar dari musibah bisa diamalkan sebelum beraktivitas.

Rasulullah Saw bersabda:

تَعَوَّذُوا بِاللَّهِ مِنْ جَهْدِ الْبَلاَءِ وَدَرَكِ الشَّقَاءِ وَسُوءِ الْقَضَاءِ وَشَمَاتَةِ الأَعْدَاءِ

Artinya: “Berlindunglah kalian kepada Allah dari kerasnya musibah, turunnya kesengsaraan yang terus menerus, buruknya qadha serta kesenangan musuh atas musibah yang menimpa kalian.” (HR. Bukhari)

Allah SWT berfirman dalam Surat Ash Shoffat ayat 143:

فَلَوْلَا أَنَّهُ كَانَ مِنَ الْمُسَبِّحِينَ لَلَبِثَ فِي بَطْنِهِ إِلَى يَوْمِ يُبْعَثُونَ

Artinya: “Maka jika sekiranya dia (Nabi Yunus) tidak termasuk orang-orang yang banyak berdzikir (bertasbih) kepada Allah, niscaya dia akan tetap tinggal di perut ikan itu sampai hari berbangkit.” (QS Ash Shoffat ayat 143).

Dalam hadits yang diriwayatkan Imam Tirmidzi disebutkan bahwa Nabi Muhammad SAW mengajarkan umat untuk memperbanyak doa ketika bertemu dengan orang yang sedang terkena bala atau musibah. Ini doanya:

اَلْـحَمْدُ لل الَّذِي عَافَانِي مِـمَّا ابْتَلَاكَ بِهِ وَفَضَّلَنِي عَلَى كَثِيرٍ مِـمَّنْ خَلَقَ تَفْضِيلاً

Artinya: “Segala puji bagi Allah yang memberikan keselamatan kepadaku dari bala’ yang telah menimpamu serta Ia telah memberikan anugerah kepadaku atas kebanyakan makhluk yang telah Ia ciptakan”.

Diriwayatkan dari Sa’ad bin Abi Waqash. Rasulullah Saw bersabda tentang doa tolak bala yang dipanjatkan Nabi Yunus As saat berada di dalam perut ikan besar. Doa tersebut berbunyi:

لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ سُبْحَانَكَ إِنِّي كُنْتُ مِنَ الظَّالِـمِينَ

Artinya: “Ya Allah,Tiada yang berhak disembah selain Engkau, Maha Suci Engkau, sesungguhnya saya adalah termasuk orang-orang yang zhalim”.

Selain itu ada juga doa sholawat thibil qulub yang pernah diinstruksikan oleh PBNU untuk menghindarkan diri dari bala atau bencana, termasuk virus corona.

Editor : Kastolani Marzuki