Hari Santri 2020, PBNU Gelar Doa Tolak Bala dan Pembacaan 1 Miliar Shalawat

Irfan Ma'ruf ยท Kamis, 22 Oktober 2020 - 15:11:00 WIB
Hari Santri 2020, PBNU Gelar Doa Tolak Bala dan Pembacaan 1 Miliar Shalawat
PBNU malam ini menggelar doa bersama tolak bala dan pembacaan 1 miliar shalawat memperingati Hari Santri 2020, Kamis (22/10/2020). (Foto: ist)

JAKARTA, iNews.id - Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) mengajak umat Islam khususnya warga Nahdliyin di seluruh dunia untuk bersama-sama memunajatkan doa pada peringatan Hari Santri 2020. Doa bersama tolak bala dan pembacaan 1 miliar shalawat nariyah serta thibbil qulub itu akan dilakukan serentak secara daring melalui Zoom, Kamis (22/10/2020) malam mulai pukul 19.30 WIB.

Ketua Umum PBNU KH. Said Aqil Siroj mengatakan, doa bersama itu untuk menjaga diri dan keluarga dari segala macam bala dan keselamatan dunia. Selain itu, dengan doa bersama tersebut mampu membangkitkan semangat bagi santri untuk terus mengabdi pada negeri.

“Diharapkan mampu membangkitkan semangat pengabdian kaum santri untuk negeri menuju Indonesia yang kuat, berdaulat dan segera diberi keselamatan dari pandemi Covid-19,” kata Kiai Said dikutip dari laman dakwahnu.id, Kamis (22/10/2020).

Menurut Kiai Said, Hari Santri Nasional (HSN) yang diperingati tiap 22 Oktober tidak lepas dari fatwa resolusi jihad yang dikeluarkan Hadratussyaikh KH Hasyim Asy’ari untuk melawan kolonialisme dan penjajahan tepat pada 22 Oktober 1945.

Resolusi Jihad inilah yang menjadi pemantik semangat juang para santri untuk mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dari para sekutu yang mencoba merongrong kembali kemerdekaan bangsa.

Melalui pesantren yang didirikannya dan juga jamiyah NU, Kiai Hasyim Asyari menanamkan nasionalisme dan patriotisme yang kelak mengobarkan api perlawanan rakyat terhadap kolonialisme yang telah mengakar berabad-abad lamanya.

Kiai Said mengatakan, jihad hari ini yang harus dilakukan para santri yakni bersatu melawan wabah Covid-19 agar semua diberi keselamatan dan kesehatan.

“Santri harus mengambil peran untuk berjihad memberikan sumbangsih terbaiknya untuk membantu menanggulangi wabah Covid-19,” kata Kiai Said.


Editor : Kastolani Marzuki