Gunung Ile Lewotolok Erupsi, Lontaran Lava Pijar Bakar Vegetasi Hutan di Sekitarnya

Joni Nura ยท Rabu, 28 Juli 2021 - 09:27:00 WIB
Gunung Ile Lewotolok Erupsi, Lontaran Lava Pijar Bakar Vegetasi Hutan di Sekitarnya
Erupsi Gunung Ile Lewotolok di Kabupaten Lembata, NTT yang membakar vegetasi hutan di sekitarnya, Rabu (28/7/2021). (Foto: iNews/Joni Nura)

LEMBATA, iNews.id - Gunung Ile Lewotolok di Kabupaten Lembata, Nusa Tenggara Timur (NTT) erupsi pada Rabu (28/7/2021) pukul 00.24 WITA. Lontaran material lava pijar membakar vegetasi hutan di bagian selatan-barat daya.

Kebakaran yang terjadi akibat lontaran material pijar itu sekitar 700 hingga 800 meter dari puncak gunung. Saat ini kondisi kebakaran hutan terus meluas.

Data Pos Pengamatan Gunung Api Ile Lewotolok di Desa Waipukang, Kecamatan Ile Ape, Kabupaten Lembata, NTT, erupsi disertai lontaran material lava pijar tercatat dengan amplitudo maksimum 45 dan durasi 49 detik. Kolom erupsi berwarna kelabu tebal dengan tinggi 1.000 m di atas puncak dan bergerak condong ke arah barat disertai dentuman kuat. 

"Untuk saat ini masih teramati lontaran yang membakar vegetasi di bagian selatan yakni ke arah Desa Waipukang, tepatnya di depan pos pengamatan Gunung Ile Lewotolok. Karena lontaran tadi juga lumayan besar dan jauh," ujar Kepala Pos Pemantau Gunung Ile Lewotolok, Stanislaus Arakian, Rabu (28/7/2021).

Dia menjelaskan, kebakaran terjadi di arah barat yakni ke arah Desa Riang Bao hingga Amakaka. Kebakaran yang disebabkan lontaran lahar panas itu terus meluas, membakar vegetasi yang dilewatinya.

Hingga pagi ini, aktivitas Gunung Api Ile Lewotolok masih terus erupsi.

Editor : Donald Karouw

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: