Gunung Ile Lewotolok Erupsi Disertai Lontaran Lava Pijar dan Gemuruh

Joni Nura ยท Selasa, 08 Juni 2021 - 19:05:00 WIB
Gunung Ile Lewotolok Erupsi Disertai Lontaran Lava Pijar dan Gemuruh
Gunung Ile Lewotolok di Kabupaten Lembata, NTT erupsi dengan melontarkan lava pijar dan suara gemuruh kuat, Selasa (8/6/2021) malam. (Foto: MNC Portal/Joni Nura)

LEMBATA, iNews.idGunung Ile Lewotolok di Kabupaten Lembata, Nusa Tenggara Timur (NTT) erupsi dengan melontarkan lava pijar dan suara gemuruh kuat, Selasa (8/6/2021) pukul 18.10 WITA.

Dari data Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana (PVMBG) menyebutkan, tinggi kolom abu teramati sekitar 500 meter di atas puncak gunung berketinggian 1.923 (mdpl).

“Kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah barat. Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 4 mm dan durasi ±  30 detik. Erupsi disertai lontaran lava pijar dan gemuruh kuat,” kata Kepala Pos Pengamatan Gunung Api (PPGA) Gunung Ile Lewotolok, Stanislaus Ara Kian.

Dia mengatakan, Gunung Ile Lewotolok saat ini berada pada status level III atau Siaga dengan rekomendasi agar masyarakat atau pendaki tidak melakukan aktivitas dalam radius 3 km dari puncak/kawah gunung. 

Dia juga mengingatkan warga Desa Jontona yang paling dekat dengan puncak Gunung Ile Lewotolok agar selalu mewaspadai potensi ancaman bahaya longsoran material lapuk yang dapat disertai oleh awan panas dari bagian tenggara puncak atau kawah gunung. 

Editor : Kastolani Marzuki

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: