Edan, Mantan Kades Ini Korupsi APBDes Rp1,6 Miliar dan Dihabiskan untuk Berjudi

Fathur Rohman · Kamis, 17 Juni 2021 - 15:34:00 WIB
Edan, Mantan Kades Ini Korupsi APBDes Rp1,6 Miliar dan Dihabiskan untuk Berjudi
Mantan kepala desa di Kabupaten Murung Raya, Kalimantan Tengah, KL (43), ditangkap karena diduga mengorupsi dana APBDes sebesar Rp1,6 miliar.(Foto: iNews/Fathur Rohman)

BARITO UTARA, iNews.id – Mantan kepala desa di Kabupaten Murung Raya, Kalimantan Tengah (Kalteng), berinisial KL (43), ditangkap polisi karena diduga mengorupsi dana anggaran dana desa sebesar Rp1,6 miliar. Ironisnya, uang hasil korupsi itu digunakan tersangka untuk bermain judi

Mantan kepala Desa Lakutan, di Kecamatan Lahung Tuhup itu masih diperiksa intensif atas dugaan tindak pidana korupsi Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) hingga mencapai 1,6 miliar atau tepatnya Rp1.666.623.300.

Selain mengamankan tersangka, polisi juga turut mengamankan sejumlah barang bukti seperti surat dokumen APBDes dan sisa uang hasil penggelapan. 

Kapolres Murung Raya AKBP I Gede Putu Widayana mengatakan, dari hasil pemeriksaan, tersangka mengorupsi uang yang seharusnya dipakai untuk pembangunan dan pemerintahan desa dan dihabiskan untuk bermain judi. Kasus ini terungkap setelah anggaran dana desa di tahun 2018 dan 2019 tidak ada realisasinya. Padahal dana APBDes tersebut sepenuhnya sudah dicairkan. 

”Dana APBDes tidak dipergunakan sebagaimana mestinya, sesuai dengan recana penggunaan dana yang telah ditetapkan. Banyak kegiatan yang tidak selesai dan sama sekali tidak dilasanakan atau fiktif, padahal dana tersebut sudah terserap atau sudah dicairkan,” kata Kapolres Murung Raya, Kamis (17/6/2021).

Editor : Maria Christina

Halaman : 1 2