Dugaan Pemalsuan E-KTP, Kantor Dukcapil Jambi Digeledah Bareskrim Polri

Azhari Sultan · Rabu, 04 Agustus 2021 - 13:16:00 WIB
Dugaan Pemalsuan E-KTP, Kantor Dukcapil Jambi Digeledah Bareskrim Polri
Penyidik Bareskrim Polri saat memeriksa ruang server operator yang mencetak KTP Elektronik di Dinas Dukcapil Kota Jambi. (Foto: Istimewa)

JAMBI, iNews.id - Tim Forensik Bareskrim Polri menggeledah Kantor Dinas Pendudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kota Jambi, Selasa (3/8/2021) petang. Penggelahan ini terkait kasus dugaan pemalsuan E-KTP.

Panit 3 Subdit V Cyber Ditreskrimsus Polda Jambi Ipda Rimhot Nainggolan mengatakan, kedatangan tim dari Mabes Polri untuk menindaklanjuti kasus dugaan pencetakan E-KTP yang ditangani Subdit V Cyber Crime Ditreskrimsus Polda Jambi sejak awal Juli 2021.

"Ada sekitar lima jam mereka menggeledah Kantor Dukcapil Kota Jambi pada Selasa petang kemarin," ujarnya, Rabu (4/8/2021).

Dia menambahkan, hal ini dilakukan untuk mengumpulkan barang bukti terhadap kasus dugaan pemalsuan KTP Elektronik.

"Untuk pemeriksaan dipusatkan di ruangan server operator yang mencetak KTP Elektronik di Dinas Dukcapil Kota Jambi," katanya. 

Dalam pengeledahan, penyidik memeriksa histori log komputer yang digunakan untuk mencetak KTP.

"Ini untuk menyelidiki apa operator ini melakukan pencetakan KTP di luar prosedur," ucapnya.

Diakuinya, usai melakukan penggeledahan, tim Mabes Polri menyita seperangkat alat komputer, mulai dari monitor, CPU dan sejumlah bukti lainnya.

"Yang diamankan pada malam kemarin, ada PC Komputer dan printer. PC yang diamankan itu yang digunakan operator untuk mencetak di luar prosedur pelayanan," kata Rimhot.

Bukan hanya itu, ada dugaan para operator sebelum melakukan aksinya terlebih dahulu mematikan CCTV yang berada di ruangan.

"Iya benar, dari hasil data yang kami ambil, CCTV dimatikan," ucapnya.

Editor : Donald Karouw

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: