Dicek Tim Medis, Kakek di Baubau 10 Tahun Tinggal di Gua Tak Pernah Sakit

Andi Ebha ยท Kamis, 06 Februari 2020 - 18:02 WIB
Dicek Tim Medis, Kakek di Baubau 10 Tahun Tinggal di Gua Tak Pernah Sakit
Tim medis Polres Baubau memeriksa kondisi kesehatan La Udu, kakek yang 10 tahun tinggal di gua pesisir pantai. (Foto: iNews/Andi Ebha)

BAUBAU, iNews.id - La Udu, seorang kakek yang 10 tahun tinggal dalam gua di pesisir Karang, Baubau, Sulawesi Tenggara (Sultra) tak pernah menderita sakit meski kadang harus menahan lapar lantaran tak memiliki bahan makanan selama berhari-hari.

Hal itu diketahui setelah La Udu diperiksa kesehatannya oleh tim medis Polres Baubau, Kamis (6/2/2020). Rombongan petugas kesehatan Polres Baubau sengaja mendatangi gua tempat tinggal kakek tua di pesisir Karang, Kelurahan Kadolomoko, Kecamatan Kokalukuna, Baubau.

Saat didatangi, La Udu sedang terbaring di celah batu yang biasa dijadikan tempat beristirahat sekaligus untuk berlindung dari terpaan angin laut dan hujan. Merasa kedatangan tamu, La Udu pun bangun dan menemui rombongan tersebut.

Setelah berbincang, La Udu menjalani serangkaian pemeriksaan kesehatan oleh petugas medis.

Kapolres Baubau, AKBP Zainal Rio Tangkiri memberikan bantuan beras dan sembako kepada La Udu, kakek yang 10 tahun tinggal di gua. (Foto: iNews/Andi Ebha)
Kapolres Baubau, AKBP Zainal Rio Tangkiri memberikan bantuan beras dan sembako kepada La Udu, kakek yang 10 tahun tinggal di gua. (Foto: iNews/Andi Ebha)

Kapolres Baubau, AKBP Zainal Rio Tangkiri mengatakan, pemeriksaan kesehatan ini untuk mengetahui kondisi fisik kakek La Udu selama tinggal di gua. Sebab, Lau Udu rentan akan bahaya penyakit yang kerap diderita para lanjut usia (lansia) pada umumnya.

“Hasil pemeriksaan ini sangat mengejutkan, karena kakek La Udu ini tidak pernah mengalami sakit serius selama bertahan hidup di dalam gua,” kata Kapolres.

Seusai pemeriksaan kesehatan, Polres Baubau menyalurkan bantuan kemanusiaan berupa perlengkapan masak dan sembako. Rencananya pihak kepolisian akan berkoordinasi dengan pemerintah setempat, terkait percepatan pembangunan rumah hunian untuk kakek La Udu.

Sebelumya kakek La Udu di temukan tinggal dalam goa di Kelurahan Kadolomoko, Kecamatan Kokalukuna, Baubau. Hal yang mengejutkan ternyata kakek tua ini sudah tinggal selama 10 tahun di dalam gua.

Kakek La Udu mengandalkan hasil laut untuk bertahan hidup. Terkadang juga memakan tumbuhan liar untuk dikonsumsi sehari-hari. Keberadaan kakek tua yang tinggal di dalam gua ini baru di ketahui beberapa bulan terakhir, bahkan warga juga pernah mengira kakek tua ini sudah meninggal dunia.

Sebelum tinggal di dalam gua, La Udu mengaku pernah tinggal di gunung. Namun 10 tahun lalu, dia memilih turun gunung dan menjadikan goa di pinggir laut sebagai tempat tinggalnya.

Dia pun mengaku tidak takut dengan ancaman binatang buas maupun berbisa selama tinggal di gua tersebut. "Sudah biasa. Tidak takut," ucapnya.

La Udu mengaku sangat memimpikan bisa memiliki rumah meski berukuran kecil untuk bertempat tinggal. "Ya, kepengin punya rumah sendiri," ucapnya.


Editor : Kastolani Marzuki