10 Tahun Hidup di Goa, Kakek di Baubau Sultra Hanya Makan Tumbuhan Liar

Andi Ebha ยท Senin, 03 Februari 2020 - 19:00 WIB
10 Tahun Hidup di Goa, Kakek di Baubau Sultra Hanya Makan Tumbuhan Liar
Kakek La Udu sudah 10 tahun tinggal di goa di pesisir Kota Baubau, Sulawesi Tenggara karena tak punya rumah. (Foto: iNews/Andi Ebha)

BAUBAU, iNews.id – La Udu (55) warga Kelurahan Kadolomoko, Kecamatan Kokalukuna, Kota Baubau, Sulawesi Tenggara (Sultra) sudah 10 tahun tinggal dalam goa berukuran kecil. Kakek sebatang kara itu terpaksa tinggal di goa lantaran tidak punya rumah.

Di goa kecil dan berukuran sempit itu, La Udu menghabiskan sisa hidupnya. Dia tidur di sela-sela batu besar yang sempit hanya cukup untuk ukuran tubuh kakek tersebut.

Untuk bisa bertahan hidup, La Udu hanya makan tumbuhan liar di sekitar tempat tinggalnya, seperti dedaunan, daun pisang, atau beberapa tanaman umbi-umbian.

Sedangkan untuk minum, La Udu mengambil air yang muncul di sela-sela batu tidak jauh dari goa itu dan terkadang dirinya juga pergi di perkampungan.

Karena tinggal di goa yang berada di bawa tebing pinggir pantai, kakek tua ini sering memancing ikan di laut. Hasil dari ikan tersebut di gunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. “Kalau tangkapan ikan lagi banyak ya saya jual ke warga untuk ditukar beras,” kata La Udu, Senin (3/2/2020).

Keberadaan kakek tua yang tinggal di dalam goa ini baru di ketahui beberapa bulan terakhir, bahkan warga juga pernah mengira kakek tua ini sudah meninggal dunia.

Kakek La Udu sedang memasak air di dalam goa selepas mencari ikan di laut. (Foto: iNews/Andi Ebha)
Kakek La Udu sedang memasak air di dalam goa selepas mencari ikan di laut. (Foto: iNews/Andi Ebha)

Sebelum tinggal di dalam goa, La Udu mengaku pernah tinggal di gunung. Namun 10 tahun lalu, dia memilih turun gunung dan menjadikan goa di pinggir laut sebagai tempat tinggalnya.

Dia pun mengaku tidak takut dengan ancaman binatang buas maupun berbisa selama tinggal di goa tersebut. "Sudah biasa. Tidak takut," ucapnya.

La Udu mengaku sangat memimpikan bisa memiliki rumah meski berukuran kecil untuk bertempat tinggal. "Ya, kepengin punya rumah sendiri," ucapnya.

Babinkamtibmas Kadolomoko, Bripka Rabonding mengatakan, petugas Polres Baubau dan Kodim 1413 Buton juga sudah beberapa kali berkunjung ke tempat tinggal kakek untuk melakukan pendataan. “Setelah didata, menurut pengakuan kakek tua itu sudah tinggal kurang lebih 10 tahun,” katanya.

Dia menuturkan, La Udu diketahui mempunyai saudara perempuan di perkampungan tidak jauh dari goa tempat dia tinggal. Namun antara kakek dan saudaranya tidak ada kecocokan, sehingga lebih memilih mengansingkan diri tinggal dalam goa. "Kakek tua ini juga pernah menikah, namun tidak dikaruniai anak. Istri sang kakek juga sudah lama meninggalkannya," ucapnya.


Editor : Kastolani Marzuki