Demi Surat Keterangan, Calon Mahasiswa Baru di Kendari Ikut Rapid Test Massal

Febriyono Tamenk · Sabtu, 04 Juli 2020 - 10:30 WIB
Demi Surat Keterangan, Calon Mahasiswa Baru di Kendari Ikut Rapid Test Massal
Rapid test di Kantor Imigrasi Kendari yang diikuti calon mahasiswa (Febriyono Tamenk/iNews)

KENDARI, iNews.id - Ratusan calon mahasiswa baru di Kendari, Sulawesi Tenggara (Sulteng), menjalani rapid test massal di Kantor Imigrasi Kendari, Sabtu (4/7/2020). Mereka rela datang dari pagi agar bisa ikut rapid test Covid-19.

Salah satu calon mahasiswi, Deliana Pagala mengatakan, surat keterangan rapid test atau Covid-19 menjadi salah satu syarat para calon mahasiswa untuk mengikuti tes masuk perguruan tinggi.

"Mau rapid test, ini jadi salah satu persyaratan ikut Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) masuk perguruan tinggi," kata Deliana saat ditemui iNews di lokasi, Sabtu (4/7/2020).

Deliana memilih rapid test di Kantor Imigrasi karena rumahnya dekat dengan lokasi.

"Pilih ke sini karena dakat dengana area rumah dan gratis," katanya sambil tersenyum.

Pantauan iNews di lokasi, tampak beberapa orang dari pagi sudah datang ke Kantor Imigrasi Kendarai. Mereka terlihat mengantre dari pagi untuk mendaftar karena kuotanya terbatas. Terlihat juga calon mahasiswa yang menunggu giliran untuk dipanggil dan melakukan test.

Sementara itu, Kasi Lantaskin Kantor Imigrasi Kendari, Indra mengaku kuota rapid test hanya untuk 50 orang saja. Mengingat jumlahnya yang membeludak, pihaknya bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kota Kendari untuk menambah alat test hingga mencapai 300 buah.

"Ada 300 orang. Ini di luar perkiraan kami, jadi ini digelar bertepatan dengan penerimaan mahasiswa baru sehingga membludak. Paling banyak calon mahasiswa,"kata Indra.

Indra menambahkan, dari hasil rapid test yang dilakukan belum ada hasil yang positif atau reaktif.

"Belum ada yang reaktif nanti kalau ada kami akan berkoordinasi dengan dinkes untuk ditindaklanjuti," katanya.


Editor : Nur Ichsan Yuniarto