Cerita UAS Pertama Kali Potong Hewan Kurban: Jangankan Sapi, Sembelih Ayam pun Belum Pernah

Sindonews, Banda Haruddin Tanjung ยท Jumat, 31 Juli 2020 - 23:23:00 WIB
Cerita UAS Pertama Kali Potong Hewan Kurban: Jangankan Sapi, Sembelih Ayam pun Belum Pernah
Ustaz Abdul Somad untuk pertama kalinya memotong hewan kurban yang disumbang dengan dibimbing oleh juru sembelih halal (Juleha), Jumat (31/7/2020). (Foto: Okezone/Banda Harudin Tanjung)

PEKANBARU, iNews.id - Ustaz Abdul Somad ikut menyembelih hewan kurban yang disumbangkannya di lokasi penyembelihan hewan kurban, Lapangan Berkuda Horse Power Jalan Tuanku Tambusai, Pekanbaru, Riau, Jumat (31/7/2020). Siapa sangka, pria yang akrab disapa UAS ini ternyata baru pertama kalinya memotong sendiri hewan kurban.

Karena baru perdana memotong hewan kurban, penceramah kondang ini pun harus didampingi oleh juru sembelih halal (juleha).

"Ini pertama kalinya saya menyembelih hewan. Jangankan sapi menyembelih ayam pun saya belum pernah," ucap UAS di lokasi penyembelihan hewan kurban.

Dengan menggunakan parang yang sudah diasah, UAS menyembelih sapi kurban dengan bimbingan juru sembelih halal.

Dalam renungan Idul Adha ini, UAS menyampaikan umat muslim harus meneladani Nabi Ibrahim AS tentang kesabaran. Nabi Ibrahim merupakan nabi yang paling lama berdoa dan tidak pernah putus asa.

"Doanya baru Allah kabulkan setelah 86 tahun dan mendapatkan anak. Baru lahir dia beri cobaan untuk menyembelih anaknya Ismail," kata UAS yang memakai pakaian serba hitam.

Penyembelihan hewan kurban ini digelar bekerja sama dengan Yayasan Tabung Wakaf Umat (YTWU), Horse Power, Indonesia Dai Network. "Ini berbeda dengan Hari Raya Idul Adha sebelumnya. Pada tahun ini spesial karena UAS langsung menyembelih sapi yg dikurbankan melalui Yayasan Tabung Wakaf Umat," kata Ketua Yayasan Alnof Dinar.

Untuk tahun ini, pihaknya menyembelih sebanyak 26 ekor sapi, 5 ekor kerbau dan 5 ekor kambing kurban. Puluhan ekor sapi itu disembelih di 20 titik di Provinsi Riau.


Editor : Maria Christina