Cek Kesiapan Travel Bubble, Kapolri : Harus Sesuai SOP dan Protokol Kesehatan

Puteranegara Batubara ยท Rabu, 09 Februari 2022 - 15:46:00 WIB
Cek Kesiapan Travel Bubble, Kapolri : Harus Sesuai SOP dan Protokol Kesehatan
Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo meninjau kawasan Terminal Feri Bandar Bintan Telani, Kepulauan Riau (Kepri), Rabu (9/2/2022). (Foto: Dok. Polri).

KEPRI, iNews.id - Penerapan Travel Bubble bagi Pelaku Perjalanan Luar Negeri (PPLN) dinilai harus sesuai standar operasional prosedur (SOP). Selain itu, harus disiplin protokol kesehatan (prokes) ketat. 

Pernyataan itu disampaikan oleh Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo saat meninjau kawasan Terminal Feri Bandar Bintan Telani, Kepulauan Riau (Kepri), Rabu (9/2/2022). Dia juga melakukan pemantauan melalui virtual di Terminal Feri Internasional Nongsapura serta Provinsi Bali.

"Ini menjadi penting karena kita harus yakin bahwa seluruh SOP kemudian aplikasi yang ada betul-betul bisa mendeteksi. Khususnya terhadap munculnya varian baru yang mau tidak mau ini harus betul-betul kita jaga," ujar Sigit.

Dia menekankan, untuk penerapan Travel Bubble seluruh aplikasi yang ada seperti PeduliLindungi, Bluepass dan Aplikasi Monitoring Karantina Presisi harus dipadukan secara optimal. 

Harapannya, kata dia dapat diyakini kegiatan wisatawan, khususnya yang dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19 bisa langsung terlacak dengan aplikasi tersebut. 

"Kemudian langkah yang harus dilakukan untuk kemudian melaksanakan isolasi lanjutan, kemudian tempat isolasinya juga harus dipersiapkan dengan baik, dan kemudian risiko penularan terhadap wisatawan, masyarakat, ataupun para pekerja betul-betul bisa kita kurangi," ucapnya. 

Editor : Kurnia Illahi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: