BNPP Komitmen Tingkatkan Penggunaan Produk Dalam Negeri untuk Bangsa Mandiri

Anindita Trinoviana ยท Jumat, 17 Juni 2022 - 11:27:00 WIB
BNPP Komitmen Tingkatkan Penggunaan Produk Dalam Negeri untuk Bangsa Mandiri
BNPP berkomitmen menggunakan APBN untuk belanja Produk Dalam Negeri. (Foto: Dok. BNPP)

JAKARTA, iNews.id - Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) berkomitmen menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) untuk belanja Produk Dalam Negeri (PDN), sebagaimana perintah Presiden Joko Widodo dalam acara Pembukaan Rapat Koordinasi Nasional Pengawasan Intern Pemerintah Tahun 2022 di Istana Negara, Jakarta, baru-baru ini.

Komitmen tersebut disampaikan oleh Sekretaris BNPP Restuardy Daud, Kamis (16/6/2022). Dia menjelaskan BNPP telah meningkatkan penggunaan PDN dalam bentuk paket yang digunakan untuk Pengadaan Barang/Jasa, belanja PDN, dan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN).

"Untuk Tahun 2022 komitmen BNPP terhadap peningkatan penggunaan PDN dari sebanyak 90 paket dengan nilai PBJ sebesar Rp30,1 miliar, komitmen PDN senilai Rp21,5 miliar dan TKDN senilai Rp18,01 miliar," ucap Restuardy.

Restuardy menyampaikan komitmen BNPP ini dilaksanakan sesuai arahan yang disampaikan Bapak Presiden Jokowi, di mana belanja pemerintah pusat maupun daerah harus memiliki tiga hal penting, yaitu menciptakan nilai tambah, membangkitkan pertumbuhan ekonomi, dan efisien. 

Lebih lanjut, Restuardy juga menuturkan bahwa dari 90 paket yang dianggarkan, saat ini BNPP telah merealisasikan penggunaan PDN sebanyak 31 paket.

"Sampai saat ini realisasi penggunaan PDN BNPP sebanyak 31 paket, dengan nilai PBJ Rp8,56 miliar, PDN senilai Rp6,5 miliar, dan TKDN senilai Rp4,63 miliar," ujarnya.

(CM)

Editor : Anindita Trinoviana

Bagikan Artikel: