get app
inews
Aa Text
Read Next : Pemkab Kotabaru dan PT Digital Gasing Edukasi Resmi Tutup Pelatihan Matematika Gasing 2025

BNPP Lakukan Survei Kepuasan Masyarakat, Raih Persepsi Kinerja PLBN Baik

Sabtu, 23 Desember 2023 - 09:00:00 WIB
BNPP Lakukan Survei Kepuasan Masyarakat, Raih Persepsi Kinerja PLBN Baik
BNPP mengukur pengalaman dan persepsi masyarakat pelintas di Pos Lintas Batas Negara (PLBN) melalui Survei Kepuasan Masyarakat. (Foto: dok BNPP)

JAKARTA, iNews.id - Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) mengukur pengalaman dan persepsi masyarakat pelintas di Pos Lintas Batas Negara (PLBN) melalui Survei Kepuasan Masyarakat. Survei ini dilakukan pada Agustus hingga Oktober 2023 dengan total 509 responden.

Survei Kepuasan Masyarakat merupakan kegiatan pengumpulan data dan informasi tentang tingkat kepuasan pelintas batas yang mengacu pada variabel dan indikator. Hal ini sesuai dengan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 14 Tahun 2017 tentang Pedoman Penyusunan Survei Kepuasan Masyarakat Unit Penyelenggara Pelayanan Publik. 

PLBN sendiri merupakan lokasi yang telah ditetapkan sebagai pintu untuk keluar dan masuk Wilayah Negara Republik Indonesia dengan negara tetangga. Selain bandara internasional sebagai pintu udara dan pelabuhan internasional sebagai pintu laut, saat ini PLBN identik dengan pintu gerbang negara yang berada di perbatasan darat.

Sebagai pintu maka aktivitas yang melaluinya ditandai dengan lalu lintas pergerakan orang, barang dan kendaraan. Secara faktual, pengamatan di pintu gerbang terhadap perjalanan warga sangat bervariatif, terdapat warga masyarakat yang melakukan perlintasan secara rutin dalam satu hari, maupun setiap bulan. Namun, ada juga warga yang melakukan perlintasan hanya sesekali dalam satu tahun.

Maka dari itu, BNPP sebagai entitas yang diberikan tugas dan tanggung jawab mengelola PLBN menggali dan mengukur sejauh mana para pemangku kepentingan, dalam hal ini penerima manfaat pelayanan seperti masyarakat pelintas di PLBN, mempunyai pengalaman dan persepsi terhadap pelayanan yang diberikan oleh PLBN.

Adapun lokus survei adalah masyarakat yang mendapatkan pelayanan publik di Pos Lintas Batas Negara. Lokasi tersebut meliputi PLBN Aruk di Kabupaten Sambas, PLBN Entikong di Kabupaten Sanggau, PLBN Badau di Kabupaten Kapuas Hulu, PLBN Motaain di Kabupaten Belu, PLBN Motamasin di Kabupaten Malaka, PLBN Wini di Kabupaten Timor Tengah Utara, PLBN Sota di Kabupaten Merauke dan PLBN Skouw di Kota Jayapura.

Survei Kepuasan Masyarakat di PLBN ini diikuti sebanyak 509 orang yang terbagi ke dalam delapan PLBN. Berdasarkan total responden tersebut, diketahui bahwa jumlah responden laki-laki sebanyak 339 orang (66.66 persen) dan perempuan sebanyak 170 orang (33.4 persen).

Editor: Rizqa Leony Putri

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya

iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut