Bea Cukai Banten Musnahkan Jutaan Batang Rokok-Ribuan Botol Miras Ilegal Senilai Rp13,8 M

Mahesa Apriandi ยท Rabu, 04 November 2020 - 16:20:00 WIB
Bea Cukai Banten Musnahkan Jutaan Batang Rokok-Ribuan Botol Miras Ilegal Senilai Rp13,8 M
Alat berat bersiap melindas jutaan batang rokok dan ribuan botol minuman keras (miras) ilegal bernilai Rp13,8 miliar di Lapangan Terminal Multipurpose PT IKPP Merak Mas, Kota Cilegon, Banten, Rabu (4/11/2020). (Foto: iNews/Mahesa Apriandi)

Kemudian, yang dikelola Kejari Pandeglang berupa 97.245 batang rokok ilegal, 798,5 kilogram tembakau iris ilegal serta perlengkapan pembuatan rokok.

"Total barang mencapai Rp1 miliar dan potensi kerugian negara mencapai Rp500 juta,” ujarnya.

Dia menuturkan, penyelesaian kasus rokok, minuman beralkohol dan barang campuran yang dicegah pejabat Bea dan Cukai karena berasal dari tindak pidana yang pelakunya tidak dikenal, telah ditetapkan sebagai barang milik negara (BMN). Peruntukannya ditetapkan untuk dimusnahkan.

“Berdasarkan surat keputusan dari Kementerian Keuangan tentang Persetujuan Pemusnahan Barang yang menjadi milik negara, maka Kantor Wilayah DJBC Banten segera melakukan tindak lanjut untuk memusanahkan BMN. Pemusanahan tersebut merupakan bukti komitmen kami mengawasi dan menekan peredaran rokok ilegal dan mengamankan hak yang menjadi potensi penerimaan keuangan negara,” katanya.

Editor : Maria Christina