Gubernur Lampung Beri Waktu Seminggu Budi Utomo Cari Wakil Bupati

Jimi Irawan · Rabu, 04 November 2020 - 08:09:00 WIB
Gubernur Lampung Beri Waktu Seminggu Budi Utomo Cari Wakil Bupati
Gubernur Lampung Arinal Djunaidi melantik Budi Utomo sebagai Bupati Lampung Utara sisa masa jabatan 2019-2020 Foto: Dok Pemkab Lampung Utara)

LAMPUNG UTARA, iNews.id - Gubernur Lampung Arinal Junaidi memberikan waktu satu minggu untuk Bupati Lampung Utara, Budi Utomo mencari wakilnya. Arinal menilai, selama ini banyak bupati tidak mau ada kehadiran wakil bupati.

"Itu bisa dilihat pada beberapa kabupaten di Lampung. Salah satu contoh, Kabupaten Mesuji yang sampai saat ini belum ada wakil dan sudah hampir dua tahun kosong," kata Arinal dalam sambutannya usai melantik Budi Utomo, Selasa (3/11/2020).

Padahal, lanjut Arinal, posisi wakil bupati itu diatur undang-undang.

"Tak bisa seseorang menjadi kepala daerah, jika tidak ada wakilnya. Ketika mendaftar sebagai peserta pilkada di KPU," ujarnya.

Karena itu, Gubernur Lampung ini, memberikan deadline kepada Budi untuk segera mencari wakilnya.

”Jangan terlalu lama bupati tidak memikirkan segera pelantikan wakil bupati. Jangan juga sampai berpolemik seperti Kabupaten Mesuji,” ucapnya.

Melalui Sekretaris Provinsi Lampung Fahrizal Darminto, Gubernur Arinal akan memonitor perkembangan soal wakil bupati Lampura.

”Satu kali seminggu, apabila tidak ada tindak lanjut, lapor kepada menteri dalam negeri. Bahwa bupati ngeyel," kata Arinal.

Editor : Nani Suherni

Halaman : 1 2