Bakamla Kembali Tangkap 2 Kapal Vietnam saat Curi Ikan di Natuna Utara

Irfan Ma'ruf · Jumat, 30 Oktober 2020 - 14:29:00 WIB
Bakamla Kembali Tangkap 2 Kapal Vietnam saat Curi Ikan di Natuna Utara
Bakamla kembali menangkap kapal ikan asing asal Vietnam yang mencuri ikan di Perairan Natuna Utara, Kepri. (Foto: Dok)

NATUNA UTARA, iNews.id – Badan Keamanan Laut (Bakamla) kembali menangkap kapal ikan asing berbendera Vietnam yang masuk wilayah perairan Indonesia secara illegal dalam gelar Operasi Cegah Tangkal 2020.

Kapal Vietnam yang dicurigai menangkap ikan ilegal tersebut ditangkap di sisi dalam dari wilayah overlapping claim dengan Vietnam, sekitar 30 nm arah selatan dari garis klaim vietnam, tepatnya di Perairan Natuna Utara, Kamis (29/10/2020).

Kabag Humas dan Protokol Bakamla, Kolonel Bakamla Wisnu Pramandita mengatakan, penangkapan kapal Vietnam itu berawal saat KN Pulau Nipah 321 melaksanakan patroli di Barat Laut Kepulauan Anambas dalam rangka operasi cegah tangkal.

Sekitar pukul 14.48 WIB, mendeteksi kontak radar di sektor depan dengan jarak 7.2 NM yang diduga kapal ikan asing.

Komandan KN Pulau Nipah 321 Letkol Bakamla Anto Hartanto kemudian memerintahkan menambah kecepatan dan mengubah halu menuju sasaran.

“Pada jarak sekitar 1.000 yard dengan menggunakan teropong terlihat visual kapal ikan sedang melaksanakan penangkapan ikan. Pada saat yang bersamaan kapal ikan tersebut tampak memutus jaring yang telah ditebar di perairan sekitarnya," katanya dalam keterangan tertulis, Jumat (30/10/2020).

Editor : Kastolani Marzuki

Halaman : 1 2