Bacakan Pledoi, Bos Investasi Bodong Rp84,9 Miliar Menangis Minta Dibebaskan dari Tuntutan

Banda Haruddin Tanjung ยท Kamis, 10 Maret 2022 - 19:48:00 WIB
Bacakan Pledoi, Bos Investasi Bodong Rp84,9 Miliar Menangis Minta Dibebaskan dari Tuntutan
Terdakwa kasus investasi bodong PT Fikasa Group menyampaikan pledoi di Pengadilan Negeri Pekanbaru, Kamis (10/3/2022). (Foto: ist)

PEKANBARU, iNews.id – Bos PT Fikasa Group, Maryani salah satu terdakwa kasus investasi bodong Rp84,9 miliar menangis minta dibebaskan dari segala tuntutan saat membacakan pledoi. Sidang pembacaan pledoi digelar di Pengadilan Negeri (PN) Pekanbaru, Kamis (10/3/2022). 

Sebelumnya, Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejaksaan Negeri Pekanbaru menuntut Maryani 12 tahun penjara karena dinilai melanggar Undang-Undang Perbankan Pasal 46 a. Dari fakta persidangan, Maryani menghimpun dana Rp13 miliar dari 200 nasabah.

"Dengan kasus ini saya harus berpisah dengan suami dan istri saya. Saya sudah ditahan dari Mabes Polri sampai sekarang selama 8 bulan. Saya harus menghidupi keluarga," kata Maryani menangis tersedu-sedu secara virtual Kamis (10/3/2022). 

Karena terus menangis, Ketua Majelis Hakim Dahlan pun memeringatkan terdakwa. "Kalau tidak sanggup baca berarti memperlambat sidang," kata Dahlan.

Penasihat hukum terdakwa, Yudi Krismen mengatakan, kliennyajuga merupakan korban investasi di Fikasa Group. Di mana kliennya sebagai marketing freelance juga menginvestasikan dananya ke Fikasa sebesar Rp 20 miliar. 

Sementara itu empat bos Fikasa Group Agung Salim, Bakti Salim, Cristian Salim dan Elly Salim juga menyampaikan pledoinya. Mereka mengaku tidak bersalah. 

"Archenius Napitupulu cs selama bertahun-tahun menikmati bunga uangnya. Ketika mereka mendapatkan untung dari bunga, mereka tak laporkan kami ke polisi. Setelah mendapatkan bunga, mereka lalu melaporkan kami ke polisi untuk dijerat pidana. Padahal, perjanjian utang piutang lewat promissory note itu dibuat dengan kesepakatan bersama secara perdata," kata Agung Salim dalam surat pledoinya.

Editor : Kastolani Marzuki

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: