Ajudan Bupati Aceh Barat Adukan Ketua LSM Penyebar Video Viral Duel dengan Penagih Utang

Antara ยท Jumat, 21 Februari 2020 - 13:57 WIB
Ajudan Bupati Aceh Barat Adukan Ketua LSM Penyebar Video Viral Duel dengan Penagih Utang
Tangkapan layar video Bupati Aceh Barat duel dengan warga. (dok iNews.id)

MEULABOH, iNews.id – Seorang ajudan Bupati Aceh Barat, Hidayatullah Fajri melaporkan Ketua LSM Forum Komunitas Muda Barat Selatan Aceh (KMBSA) berinisial FL ke polisi terkait viralnya video duel Bupati Ramli MS dengan penagih utang. Pelaporan dilakukan di Polres Aceh Barat.

“Saya melaporkan pelaku (FL) ke polisi karena diduga sudah melakukan pencemaran nama baik Bupati Aceh Barat dan ajudan, terkait kasus kericuhan yang terjadi di pendapa bupati pada Selasa (18/2) lalu,” katanya di Meulaboh, Kamis (20/2/2020).

Dia mengatakan, ketua LSM tersebut dilaporkan ke polisi karena diduga menyebarkan video yang viral itu, ke grup aplikasi whatsapp sejumlah pengguna telepon selular.

Dalam laporannya, dia menuturkan, terlapor telah melakukan tindak pidana pencemaran nama baik Bupati Ramli MS sebagai pejabat negara disertai dengan kata-kata yang bernada ujaran kebencian.

Sebelum melaporkan kasus ini, dia juga mengaku telah berkonsultasi dengan ahli hukum terkait dugaan tindak pidana yang diduga dilakukan pelapor. Dalam laporannya, dia menyertakan barang bukti.

“Saya melaporkan oknum pimpinan pimpinan LSM ini karena diduga telah melanggar UU ITE,” katanya.

Terkait laporan itu, pihak Polres Aceh Barat membenarkan telah menerima laporan dari salah seorang ajudan Bupati.

“Ini saya baru pulang dari kejaksaan untuk koordinasi (perkara),” kata Kaur Bin Ops Reskrim Polres Aceh Barat, Ipda P Panggabean.

Sebelumnya diberitakan, Bupati Aceh Barat Ramli MS menjadi perbincangan di media sosial menyusul video viral bupati saat baku hantam dengan seorang warga yang diduga terkait utang piutang.

Dalam video viral berdurasi 1:34 detik itu terlihat detik-detik Bupati Ramli MS baku hantam dengan lawan bicaranya yang diduga sedang menagih utang. Uang tersebut diduga dipinjamkan kepada Bupati Ramli MS saat pilkada tiga tahun lalu. Jumlahnya sebesar Rp272 juta.

Bupati Ramli MS terlihat berdiri dan memukul korban yang juga ikut berdiri. Kemudian ada pria yang juga mengangkat kursi dan melemparkannya kepada lawan bicara bupati.


Editor : Reza Yunanto