Viral Video Bupati Aceh Barat Baku Hantam dengan Penagih Utang terkait Pilkada

Afsah ยท Rabu, 19 Februari 2020 - 16:27 WIB
Viral Video Bupati Aceh Barat Baku Hantam dengan Penagih Utang terkait Pilkada
Video viral detik-detik sebelum Bupati Aceh Barat Ramli MS terlibat baku hantam dengan warga yang diduga menagih utang. (Foto: iNews/Afsah)

ACEH BARAT, iNews.idBupati Aceh Barat, Provinsi Aceh, Ramli MS menjadi perbincangan di media sosial. Ini menyusul video viral bupati saat baku hantam dengan seorang warga yang diduga terkait utang piutang. Kasus ini kini telah dilaporkan ke kepolisian setempat.

Dalam video viral berdurasi 1:34 detik itu terlihat detik-detik Bupati Aceh Barat Ramli MS baku hantam dengan lawan bicaranya yang diduga sedang menagih utang. Uang tersebut diduga dipinjamkan kepada orang nomor satu di bumi Teuku Umar, Meulaboh tersebut saat pilkada tiga tahun lalu. Jumlahnya sebesar Rp272 juta.

Bupati terlihat berdiri dan memukul korban yang juga ikut berdiri. Kemudian ada pria yang juga mengangkat kursi dan melemparkannya kepada lawan bicara bupati.

Sebelum baku hantam, beberapa warga duduk semeja di Pendopo Bupati Aceh Barat. Mereka diduga membahas terkait masalah uang sehingga terjadi adu mulut yang berujung adu jotos.

Video baku hantam tersebut pun langsung viral di media sosial hingga Rabu (19/2/2020). Namun, penyebar video tersebut belum diketahui.

Pascaperistiwa tersebut, pria yang terlibat baku hantam dengan Bupati Aceh Barat, bernama Zhaidin, warga Aceh Selatan, telah melapor ke Polres Aceh Barat. Hingga kini, kasus tersebut sedang dalam penyelidikan polisi.

Sementara juru bicara Bupati Aceh Barat Amril Nuthihar mengatakan, telah melihat video viral itu. Dia membenarkan kejadiannya di Pendopo Kantor Bupati Aceh Barat dan terkait dengan masalah utang piutang. Namun, mengenai kronologi kejadian hingga terjadi baku hantam, dirinya masih akan berkoordinasi lebih lanjut dengan bupati.

“Terkait dengan beredarnya video yang terjadi di pendopo, kejadian itu memang di sini, kronologi lebih lanjut, saya masih koordinasi dengan pimpinan karena saya membawa saksi yang hadur di pendopo saat kejadian,” kata Amril, Rabu (19/2/2020).

Pascaperistiwa yang memalukan tersebut, Bupati Aceh Barat akan mengambil langkah hukum kepada oknum yang sengaja menyebar video. Dia juga mengatakan tuduhan pria yang menyebut Bupati Aceh Barat memiliki utang terkait pilkada tiga tahun lalu seperti yang terlihat dalam video, tidak benar.

“Kami akan laporkan yang menyebarluaskan video itu. Tidak ada utang. Tapi kami masih perlu konfirmasi lagi kepada pimpinan,” kata Amril Nuthihar.

Amril juga mengatakan, video viral baku hantam Bupati Aceh Barat Ramlis MS dengan warga tidak berdampak pada pemerintahan di Aceh Barat. Hingga kini, aktivitas perkantoran dan pelayanan publik di Pemkab Aceh Barat tetap berjalan lancar.


Editor : Maria Christina