9 Buah Penurun Darah Tinggi, Sangat Bermanfaat untuk Kesehatan

Hanna Ratih Aninditya ยท Senin, 26 September 2022 - 11:18:00 WIB
9 Buah Penurun Darah Tinggi, Sangat Bermanfaat untuk Kesehatan
Ilustrasi, buah penurun darah tinggi sangat penting diketahui untuk menjaga tubuh tetap sehat. (Foto: Istimewa).

TANGERANG, iNews.id - Buah penurun darah tinggi sangat berguna bagi masyarakat. Tekanan darah tinggi merupakan kondisi yang perlu diwaspadai karena dapat memicu berbagai macam penyakit serius. 

Sikap waspada, salah satunya dengan memerhatikan pola makan sehari-hari. Selain itu mengonsumsi  secara rutin buah-buahan yang dianggap mampu meredakan tekanan darah tinggi. 

Berikut daftar buah-buahan yang dapat dikonsumsi untuk penurun darah tinggi :

1. Pisang

Merupakan buah penurun darah tinggi yang dapat dikonsumsi. Pisang mengandung kalium yang dapat membantu menyeimbangkan kadar garam di dalam tubuh. Dengan mengonsumsi buah pisang dapat mengontrol tekanan darah. 

Untuk mengonsumsinya bisa secara utuh maupun dengan cara bervariasi, seperti memanggang atau mencampurnya ke dalam sereal sesuai selera masing-masing.

2. Semangka

Kandungan vitamin A, vitamin C, kalium dan magnesium dalam buah semangka memiliki banyak nutrisi yang berguna untuk kesehatan tubuh. Selain kandungan vitamin, buah ini juga memiliki kandungan L-citrulline yang dapat membantu melebarkan pembuluh darah dan bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah.

3.  Anggur

Sebagai buah penurun darah tinggi memiliki kandungan polifenol yang dapat mengontrol tekanan darah. Polifenol merupakan antioksidan yang bermanfaat untuk membantu melawan radikal bebas yang berada di dalam tubuh.

Buah anggur juga memiliki kandungan tinggi serat dan rendah kalori yang dapat mencegah adanya sindrom metabolik khususnya hipertensi.

4. Kiwi

Memiliki kandungan  vitamin C, vitamin E, folat dan kalium yang bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah. Dari hasil penelitian ditemukan adanya penderita hipertensi rutin mengonsumsi tiga buah kiwi dalam sehari.

Buah kiwi juga dapat membantu penderita mengalami penurunan tekanan darah dengan lebih cepat.

Editor : Kurnia Illahi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: