Warga Sulbar Bangga Wapres Ma'ruf Amin Kenakan Pakaian Adat Mandar

Antara ยท Senin, 16 Agustus 2021 - 15:27:00 WIB
Warga Sulbar Bangga Wapres Ma'ruf Amin Kenakan Pakaian Adat Mandar
Wapres Ma`ruf Amin mengenakan pakaian adat Suku Mandar asal daerah Sulawesi Barat saat Sidang Tahunan MPR 2021, Senin (16/8/2021). (ANTARA/Asdep KIP Setwapres)

MAMUJU, iNews.id - Warga Sulawesi Barat (Sulbar) mengaku bangga baju adat Mandar dipakai Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin saat menghadiri sidang tahunan MPR dan sidang bersama DPR dan DPD RI tahun 2021, di ruang rapat paripurna Gedung Nusantara MPR/DPR/DPD, Senin (16/8/2021). 

Pemakaian baju adat Mandar di acara kenegaraan itu secara otomatis dapat mengangkat budaya Mandar.

"Hari ini, dalam rangka memperingati ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia warga Sulbar patut berbangga sebab Pak KH Ma'ruf Amin, Wakil Presiden Republik Indonesia mengenakan pakaian adat Mandar, pada acara kenegaraan, yakni dalam rangka memperingati HUT ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia," kata Tokoh masyarakat Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) Anwar Adnan Saleh.

Mantan Gubernur Sulbar dua periode, yakni pada 2006-2011 dan 2011-2016 itu, menyampaikan apresiasi masyarakat Sulbar atas penghargaan pemerintah, khususnya Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin yang mengangkat budaya Mandar sebagai salah satu ikon budaya pada peringatan HUT ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia.

"Tentu, ini patut diapresiasi dan membanggakan kita sebagai orang Mandar dan orang Sulbar bahwa pakaian tradisional Sulbar digunakan oleh pimpinan negara dalam acara kenegaraan. Kita bangga menjadi anak Sulbar, bangga dengan budaya Sulbar, bangga dengan tradisional yang ditinggalkan nenek moyang kita di Mandar dan Sulbar. Maka hari ini, kebanggaan kita justru akan lebih naik ke tingkat nasional karena pakaian daerah yang kita banggakan, kita cintai  dan sayangi itu digunakan oleh Bapak KH Ma'ruf Amin dalam upacara memperingati HUT ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia," katanya.

Editor : Kastolani Marzuki

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: