Viral Foto Komodo Adang Truk Material, Tagar #savekomodo Trending di Twitter

Antara, Umaya Khusniah ยท Senin, 26 Oktober 2020 - 15:26:00 WIB
Viral Foto Komodo Adang Truk Material, Tagar #savekomodo Trending di Twitter
Truk pembawa material diadang oleh seekor komodo di Pulau Rinca, Taman Nasional Komodo, NTT. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Foto seekor komodo yang terlihat mengadang truk di kawasan Taman Nasional Komodo, Nusa Tenggara Timur (NTT), viral di media sosial. Bahkan, tagar #savekomodo juga kini menjadi trending di Twitter.

Informasi yang beredar di media sosial, foto komodo dan truk itu berlokasi di Pulau Rinca, kawasan Taman Nasional Komodo.
Sementara truk tersebut tampak membawa sejumlah material untuk pembangunan di kawasan Loh Buaya, Pulau Rinca. Namun, tidak diketahui kapan foto itu diambil.

Menyikapi foto yang viral tersebut, anggota Komisi IV DPR RI Yohanis Fransiskus Lema menilai foto tersebut mengirimkan pesan simbolik bahwa hewan karnivora tersebut tidak nyaman dengan adanya pembangunan di daerah itu.

"Foto itu seolah-olah Komodo tidak nyaman dengan model pembangunan Jurassic Park di TN Komodo. Karena pembangunan tersebut melibatkan truk dan alat berat yang memasuki kawasan konservasi TN Komodo. Komodo terusik dengan pembangunan masif berbasis teknologi karena mengganggu ekosistem lingkungan di TNK," katanya, Senin (26/10/2020).

Dieketahui, Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) saat ini sedang membangun salah satu kawasan super prioritas nasional (KSPN) di Pulau Rinca.

Pulau itu akan disulap menjadi destinasi wisata premium dengan pendekatan konsep geopark atau wilayah terpadu. Objek wisata ini mengedepankan perlindungan dan penggunaan warisan geologi dengan cara yang berkelanjutan, yang kemudian dikenal dengan sebutan Jurassic Park.

Politisi muda PDIP itu mendesak Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) untuk bersungguh-sungguh menjalankan fungsinya sebagai pertahanan terakhir konservasi di Taman Nasional (TN) Komodo di Kabupaten Manggarai Barat, NTT.

"KLHK harus menjaga TN Komodo sebagai kawasan konservasi dan rumah alami Komodo, satwa endemik, dan beragam vegetasi baik darat maupun laut," tuturnya.


Editor : Maria Christina