Video Viral Evakuasi Jasad Ojol Meninggal di Kendari dengan APD Jas Hujan

Febriyono Tamenk ยท Selasa, 24 Maret 2020 - 09:32 WIB
Video Viral Evakuasi Jasad Ojol Meninggal di Kendari dengan APD Jas Hujan
Petugas evakuasi jasad pengemudi ojek online di Kendari menggunakan APD dan jas hujan (Foto: Istimewa)

KENDARI, iNews.id - Pengemudi ojek online di Kota Kendari, Sulawesi Tengara berinisial MN (29 tahun) ditemukan meninggal dunia di kamar kosnya di Jalan Kancil, Kelurahan Anduonohu, Kecamatan Poasia. Petugas evakuasi menggunakan alat pengaman diri (APD) dan jas hujan untuk antisipasi jasad terpapar virus corona (Covid-19).

Video penangan jenazah dengan penanganan covid–19 oleh tim dokter kesehatan Rumah Sakit Bhayangkara viral di media sosial. Selain APD standar rumah sakit, petugas terlihat menggunakan jas hujan.

Berdasarkan hasil autopsi di tempat oleh dokter forensik RS Bhayangkara Kendari Kompol Mauludin mengatakan korban diduga memiliki gejala mirip terpapar covid-19. Pemulasaran jenazahnya sudah standar penanganan infeksi Covid-19.

Korban sebelumnya di ketahui mengalami gejala batuk, flu dan demam tinggi, sebelum akhirnya di temukan meninggal dunia.

"Saat itu pasien meninggal tidak di rumah sakit. Jadi kami mengambil keterangan yang ada di TKP salah satunya batuk, flu dan sesak napas," ujar Mauludin.

Meskipun riwayat pasien pernah di rawat di Rumah Sakit Kota Kendari dengan diagnosa pasien demam berdarah. Namun di tengah situasi pandemi corona proses pemakamannya akan dilakukan menggunakan standar penangangan pasien infeksi.

RS Bhayangkara Kendari telah mengambil sampel swab terhadap korban dan telah dikirim ke lab Balitbang Kemenkes RI. Hasilnya akan diketahui dalam tujuh hari ke depan.


Editor : Nani Suherni