10 Tempat Wisata di Bolaang Mongondow Sulawesi Utara

Kezia Veronica Corne · Kamis, 21 Oktober 2021 - 07:15:00 WIB
10 Tempat Wisata di Bolaang Mongondow Sulawesi Utara
Air Terjun Donadian Matabulu ( Foto : Isitmewa)

JAKARTA, iNews.id – 10 tempat wisata di Bolaang Mongondow Sulawesi Selatan yang tak kalah menarik untuk dikunjungi. Jika berbicara tentang wisata di Sulawesi Utara, sudah pasti banyak yang ingat dengan Taman Nasional Bunaken. 

Wilayah Sulawesi Selatan sendiri sangatlah luas, sehingga anda bisa menjelajahi berbagai tempat wisata di banyak daerahnya termasuk Bolaang Mongondow. Bolaang Mongondow merupakan salah satu kabupaten dengan wilayah terluas di Sulawesi Utara dan etnis mayoritasnya adalah Suku Mongondow. 

Meskipun nama kabupaten ini jarang dibicarakan, namun tak ada salahnya untuk berkunjung kesini sekaligus menikmati keindahan wisatanya. Penasaran? Berikut 10 tempat wisata di Bolaang Mongondow yang wajib dikunjungi. 

1. Air Terjun Dodandian Matabulu

Tempat wisata satu ini cukup ramai dikunjungi karena masih terjaga keasliannya. Air terjun ini memiliki ketinggian 75 meter. Dengan komposisi pohon hijau yang rindang, alam yang sejuk serta air mengalir berwarna putih yang membelah tebing besar, membuat terpesona bagi siapa saja yang datang kesini. 

Untuk bisa sampai kesini, anda perlu menggunakan kendaraan roda dua, kemudian dilanjutkan dengan berjalan kaki sekitar 15 menit. 

2. Air Terjun Lolan

Air Terjun Lolan memang tidak setinggi Air Terjun Dodandian Matabulu, yakni 15 meter. Dibandingkan air terjun lainnya yang ada di Bolaang Mongondow, air terjun ini memiliki akses yang paling mudah untuk dilalui. Keasrian alamnya pun masih terasa, maka tak heran jika banyak yang berminat untuk berkunjung ke sini. 

Air Terjun Lolan (Foto: Istimewa)
Air Terjun Lolan (Foto: Istimewa)

3. Air Terjun Pontak

Tempat wisata berikutnya yang cukup terkenal dari Bolaang Mongondow adalah Air Terjun Pontak. Air terjun satu ini merupakan salah satu objek wisata alam potensial yang sering dikunjungi. 

Hal ini karena selain keindahan alam yang disajikan, tempat ini pun cukup mudah dijangkau. Air terjun ini terletak di Desa Pontak dan hanya berjarak 3,5 Km dari Ibu Kota Boroko.

4. Danau Moat

Tempat wisata yang ada Bolaang Mongondow berikutnya adalah Danau Moat. Tempat ini cocok untuk anda yang ingin menikmati keindahan alam yang bersih dari polusi. Pasalnya Danau ini berada di daerah pegunungan dengan ketinggian 1.100 mdpl. Selain sebagai tempat wisata, danau ini merupakan sumber air untuk area pertanian yang ada disekitar danau. Sudah terbayang kan bagaimana sejuknya tempat ini?

5. Danow Tondok

Tak jauh dari Danau Moat, ada Danow Tandok yang tak kalah memukau. Danow Tondok merupakan sebuah danau yang terletak di daerah tinggi dengan pegunungan sebagai latarnya, membuat tempat ini cukup ramai dikunjungi. Danau ini berdekatan dengan Danau Moat dan Kebun Strawberry D’Mooat, sehingga banyak yang menyebut kalau datang kesini bisa ‘minta satu gratis tiga’. 

6. Gunung Ambang

Masih dengan area pegunungan, spot wisata yang satu ini cocok untuk anda yang menyukai pendakian. Gunung ini memiliki ketinggian 1.795 mdpl dan termasuk objek wisata cagar alam yang dilindungi. Selama pendakian, anda akan bertemu beberapa hewan endemik seperti anoa, babi hutan, yaki, dan lainnya. Untuk sampai ke puncak gunung ini, waktu tempuh yang diperlukan sekitar 1-2 jam (tergantung kekuatan kaki dan nafas).

Editor : Muhammad Fida Ul Haq

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: